Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

3 Posisi Tidur untuk Mencegah Sakit Leher atau Punggung saat Bangun Pagi

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 10:00 WIB
3-posisi-tidur-untuk-mencegah-sakit-leher-atau-punggung-saat-bangun-pagi
Ilustrasi tidur. Posisi tidur saat malam cukup penting untuk menghindari rasa sakit pada punggung, leher, maupun kepala, saat bangun tidur. (Sumber: Freepik)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Posisi tidur saat malam cukup penting untuk menghindari rasa sakit pada punggung, leher, maupun kepala, saat bangun tidur.

Chiropractor Andrew Bang, DC, menjelaskan mengapa rasa sakit tersebut muncul saat bangun tidur. Menurutnya ada kemungkinan otot bekerja terlalu keras saat seharusnya tidak bekerja.

Posisi tidur yang canggung dapat membuat tubuh stres dan tegang, dan menyebabkan rasa sakit saat bangun.

Selain itu, kasur serta bantal mungkin berpengaruh terhadap hal itu. Posisi tidur juga penting untuk menghindari rasa sakit tersebut.

“Anda memberi ketegangan pada ligamen, otot, jaringan, dan persendian Anda,” kata Dr Bang, seperti dilansir Cleveland Clinic. “Tidur memberikan kesempatan bagi segalanya untuk pulih dan diatur ulang.”

Baca Juga: Mengenal White Noise, Suara yang Bisa Buat Tidur Lebih Berkualitas

Tetapi jika tidur dalam posisi tegang pada bagian tubuh tertentu, pemulihan itu tidak terjadi seperti yang seharusnya dan seharusnya.

Dia menambahkan, persoalan tidur ini tumbuh seiring bertambahnya usia, karena tulang rawan yang menjadi bantalan sendi menipis. (Itulah mengapa bangun dari tempat tidur pada usia 60 terdengar sangat berbeda dari ketika Anda bangun pada usia 20.)

“Tujuan Anda adalah untuk menemukan postur netral saat Anda tidur,” kata Dr Bang. “Idenya adalah untuk menghindari penambahan kelelahan. Biarkan tubuh Anda benar-benar beristirahat. ”

Posisi terbaik untuk sakit punggung

Postur tubuh yang baik tidak hanya penting saat Anda berdiri atau duduk, kata Dr. Bang. Ini juga penting saat Anda berbaring.

Menyelaraskan kepala, bahu, dan pinggul membuat tubuh Anda dalam posisi netral yang meredakan stres.

Tujuan Anda adalah menemukan posisi yang mempertahankan dan mendukung lekukan alami di punggung dan leher Anda.

1. Tidur menyamping



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x