Kompas TV video sinau

Mengenal White Noise, Suara yang Bisa Buat Tidur Lebih Berkualitas

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 18:30 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- White noise atau derau putih, sering diartikan  sebagai suara televisi statis atau suara hujan. Mengutip Bobo.id, para ilmuwan memiliki arti yang lebih spesifik. Yaitu derau acak yang memiliki kerapatan spektral datar dan amplitudo atau intensitas yang sama di seluruh rentang frekuensinya (20 hingga 20.000 hertz).

White noise kerap dianggap mampu membuat tubuh  rileks, cara kerja white noise yaitu mengurangi perbedaan suara latar (backsound) dengan suara puncak (peaksound).Sehingga menciptakan suara konstan, yang mampu menutup suara aktivitas lainnya.

Suara ‘’ssshhhush’’ ketika orang tua menenangkan bayi menangis juga termasuk dalam white noise. Sehingga bayi lebih tenang dan lebih cepat tertidur.

Sebenarnya white noise sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.  Di antaranya adalah : suara hujan, suara air mengalir, suara ombak. Kemudian suara mesin seperti deru AC, mesin cuci, kipas angin. Juga suara suasana seperti, kerumunan, retakan api unggun, dan jangkrik.

Menurut ahli, white noise memiliki kemungkinan efektif untuk mengatasi insomnia. Meski disarankan untuk memanfaatkan white noise, para ahli merekomendasikan untuk mendengarkan white noise dengan volume sedang dan hindari penggunaan earphone. 

Baca Juga: 5 Warna Cat Ini Bisa Bikin Kamar Tidur Lebih Nyaman, Apa Saja?

https://www.kompas.tv/article/236485/5-warna-cat-ini-bisa-bikin-kamar-tidur-lebih-nyaman-apa-saja 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x