Kompas TV olahraga kompas sport

PBSI: Persiapan Para Atlet Kurang, Itu Alasan Kami Mundur dari Turnamen di India

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 18:53 WIB
pbsi-persiapan-para-atlet-kurang-itu-alasan-kami-mundur-dari-turnamen-di-india
Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky. (Sumber: bolasport.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah memilih absen pada Kejuaraan Dunia 2021, timnas bulu tangkis Indonesia akan kembali menepi dari kompetisi.

Timnas bulu tangkis Indonesia tidak turun lagi pada India Open 2022 (11-16 Januari), Syed Modi India International (18-23 Januari), dan Odisha Open 2022 (25-30 Januari).

Rionny Mainaky menjelaskan akan percuma jika timnas mengikuti tiga turnamen itu. Performa pemain diprediksi tidak akan maksimal.

"Mereka baru saja rehat dari menjalani pertandingan dengan intensitas yang demikian tinggi dan terus menerus sejak September hingga Desember. Baik tim utama, pelapis maupun junior," ujarnya.

"Persiapan pemain juga kurang optimal karena terganggu dengan kegiatan libur merayakan Natal dan Tahun Baru 2022. Seluruh penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, sejak 18 Desember 2021 dikembalikan ke klubnya masing-masing," imbuhnya.

Rionny menambahkan setiap pengiriman atlet ke turnamen internasional harus dibebani target tinggi, yaitu harus mampu merebut gelar juara.

Baca Juga: PBSI Tarik Mundur Tim Indonesia dari Tiga Turnamen Awal 2022, Apa Alasannya?

Namun, kondisi fisik, teknik, fokus dan pikiran pemain belum kembali prima serta persiapan yang tidak optimal, pemain akan kesulitan untuk menampilkan performa terbaik dan merebut gelar.

Oleh sebab itu, keputusan menarik diri dari turnamen awal tahun sangat dibutuhkan bagi pemain untuk melakukan recovery, memulihkan kondisi dan rehat sejenak.

Apalagi tahun 2022 banyak kejuaraan-kejuaraan penting yang menjadi prioritas utama bagi PBSI untuk dilalui Anthony Sinisuka Ginting dkk.

"Dengan kondisi seperti ini, persiapan pemain tidak akan maksimal," imbuhnya.

Baca Juga: PBSI Sudah Beri Restu, Dejan/Serena Satu-satunya Wakil Indonesia pada Kejuaraan Dunia 2021

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x