Kompas TV regional berita daerah

TNI AD Tebarkan Bibit Ikan di Desa Sungai Landas Untuk Ketahanan Pangan Nasional

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 02:59 WIB

BANJAR, KOMPAS.TV – Di atas lahan seluas 4 hektar yang berada di Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kodim 1006/ Banjar memulai kegiatan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Penebaran bibit ikan untuk mendapatkan benih unggul bibit ikan nila dan patin menjadi pusat percontohan usaha kecil menengah bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: Jembatan Pemasiran Desa Takuti Hancur Diterjang Banjir, Warga Berupaya Perbaiki Secara Darurat

Dengan kolam ikan sebanyak 35 buah, nantinya hasil budidaya pembibitan ikan lokal tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat setempat sekaligus mensukseskan program ketahanan nasional, khususnya penyediaan daging ikan.

Nantinya  Desa Sungai Landas bakal menjadi lokasi agrowisata berbasis perikanan, dengan produksi ikan mencapai puluhan ribu ekor benih ikan per minggu.

Seperti yang dikembangkan kodim 1006/Banjar yang mampu memproduksi bibit benih ikan lokal hingga seribu benih per pekan.

"Kodim 1006/Banjar menggalakkan masyarakat untuk menggiatkan ketahanan pangan oleh warga sekitar," ucap Dandim 1006/Banjar, Letkol Inf. Imam Muchtarom.

"Bagaimana kita bisa memanfaatkan lahan yang ada, tentu ini salah satu sumbangsih kami, TNI AD, bagaimana kita bisa mewujudkan ketahanan pangan di wilayah," terang Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Baca Juga: DPRD Kalsel Dorong Penyertaan Modal Inti Bank Kalsel

Diharapkan dengan program ini, masyarakat Kabupaten Banjar khususnya Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan dapat meningkat dari segi perekonomian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x