Kompas TV nasional peristiwa

Dimulai Hari Ini, Berikut Syarat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun dan Vaksin Covid yang Digunakan

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 06:19 WIB
dimulai-hari-ini-berikut-syarat-vaksinasi-anak-usia-6-11-tahun-dan-vaksin-covid-yang-digunakan
Ilustrasi vaksinasi anak. DKI Jakarta bersiap untuk vaksinasi anak di seluruh wilayah mulai pekan depan (Sumber: ANTARA/Kompas TV)
Penulis : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021). 

Vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac.

“Vaksinasi anak 6 sampai 11 tahun akan mulai besok (hari ini), diresmikan presiden. Vaksinnya sinovac,” kataMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi pers, Senin (13/12/2021).

Dia menyebut untuk sementara hanya sebanyak 115 kabupaten/kota di Indonesia yang akan menyelenggarakan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun.

Baca Juga: Mulai Januari 2022, Sinovac Hanya untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Hanya kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria ketercapaian 70 persen vaksin dosis pertama dan 60 persen vaksin lansia, yang bisa menyelenggarakan vaksinasi anak.

"Siapa yang boleh melakukan vaksinasi adalah kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria untuk tujuh puluh persen vaksinasi pertama dan 60 persen vaksinasi lansia, jadi kita identifikasi ada 115 kabupaten kota di beberapa provinsi yang sudah memenuhi kriteria dan mereka yang akan kita berikan vaksin sinovac untuk anak-anak," ujarrnya.

Dia mengatakan suntikan vaksin untuk anak dengan sinovac sudah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sistem pemberian vaksin sinovac untuk anak sama dengan vaksin untuk dewasa yakni aka nada selisih waktu 1 bulan atau empat minggu antara pemberian dosis pertama dan dosis ke dua.

Baca Juga: Siap-Siap, Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Bakal Dimulai 14 Desember

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu dalam siaran pers, Minggu (12/12/2021) mengatakan sampai saat ini sudah ada sebanyak 106 kabupaten/kota dan 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tahap pertama.

Berikut ini daftar daerah yang akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun tahap pertama:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x