Kompas TV nasional kesehatan

Siap-Siap, Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Bakal Dimulai 14 Desember

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 11:23 WIB
siap-siap-vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-bakal-dimulai-14-desember
Vaksinasi anak yang digelar oleh Kodam IX Udayana kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali (Sumber: Kodam IX Udayana/Kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun akan dimulai besok, Selasa (14/12/2021) dengan jumlah sasaran mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Menurut Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu kesiapan pemerintah ini bersamaan dengan kesiapan Kemenkes untuk kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di beberapa daerah.

"Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan," kata Maxi Rein Robdonuwu dalam siaran pers dikutip KOMPAS.TV, Senin (13/12).

Lebih lanjut, Maxi menerangkan kesiapan ini sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun.

Selain itu juga bersamaan dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) yang telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Siapkan Sekolah Jadi Tempat Vaksin Covid-19 bagi Anak Usia 6-11 Tahun

"Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19," ucap Dirjen Maxi.

Adapun jenis vaksin yang akan diberikan pada anak usia 6-11 tahun adalah Sinovac.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, Kemenkes telah menyiapkan sekitar 6,4 juta dosis vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Menurut Nadia, vaksinasi Covid-19 buat anak ini menggunakan vaksin Sinovac. Tahap awal vaksinasi Covid-19 untuk anak ini dimulai di Pulau Jawa dan Bali.

Kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun apabila cakupan vaksinasi di daerah tersebut sudah mencapai target 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis pertama untuk lansia.

"Vaksin Sinovac. Saat ini disiapkan sekitar 6,4 juta dosis vaksin, sambil menunggu lagi awal Januari 2022," ujar Nadia, Sabtu (11/12/2021), dikutip dari Kompas.com.

Nadia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun nantinya bisa dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, dan sentra vaksinasi.

Ke depan, selain Pulau Jawa dan Bali, vaksinasi Covid-19 buat anak akan ditambah di sejumlah kabupaten/kota di luar pulau tersebut.

Baca Juga: Anak Takut Disuntik? Ini Strategi Jitu Dari Psikolog untuk Orang Tua



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x