Kompas TV regional berita daerah

Puncak Gunung Semeru Berubah Bentuk Setelah Erupsi

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pasca terjadi awan panas guguran sepekan lalu, puncak gunung semeru di Lumajang Jawa Timur mengalami perubahan bentuk. Perubahan terlihat di wilayah kawah hingga lereng bagian tenggara.

Baca Juga: 23 Jenazah Korban Awan Panas Gunung Semeru Teridentifikasi

Perubahan itu terlihat jelas dalam video udara yang diambil menggunakan kamera drone, pada Jumat (10/12/2021). Video itu diunggah di channel youtube Andrea Ramadhan. Dalam visual tersebut terlihat wilayah puncak saat makin terbuka, karena tumpukan kubah lava sudah longsor dan membentuk awan panas, pada Sabtu lalu (4/12/2021).

Hal tersebut diperkuat dengan release Badan Riset dan Inovasi Nasional bahwa puncak semeru mengalami perubahan. Berdasarkan hasil pemantauan citra satelit USGS terjadi bukaan baru aliran kawah dan aliran lava dengan panjang 710 meter dan lebar 110 meter.

Baca Juga: Gunung Semeru Terus Membangun Kubah Lava

Bukaan baru aliran lava itu disebabkan karena adanya aktivitas vulkanik gunung semeru yang terjadi pada Sabtu lalu dengan luncuran awan panas guguran. Peristiwa itu memicu kerusakan lahan yang mencapai 2.417 hektar lahan hutan dan pertanian.

#GunungSemeru #Mahameru #AwasPanas #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x