Kompas TV video sinau

Mengenal Kapal-kapal Terbesar di Dunia, Ada yang Sebesar 10 kali Lapangan Sepak Bola

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 08:07 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Kapal adalah moda transportasi air yang dinilai paling efektif. Karena kapal memiliki kapasitas dan daya angkut yang lebih besar, dibandingkan dengan moda transportasi darat dan udara.  Umumnya, kapal adalah kendaraan besar, yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang lewat jalur laut dan sungai.

Jika diperhatikan, kapal yang beroperasi di laut dan sungai memiliki beragam ukuran. Juga Terdiri dari beberapa jenis, yaitu kapal barang, kapal penumpang, kapal feri, kapal penangkap ikan, kapal tunda, kapal tanker, kapal penyelamat ( lifeboat), dan kapal perang. 

Untuk melihat ukuran kapal yang tidak biasa, mari simak deretan kapal besar yang ada di dunia, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1.Blue Marlin

Luasnya dua kali lapangan sepak bola, mampu mengangkut 22 kapal dengan berat total 60.000 ton! Kapal ini dapat  mengangkut hingga 75.000 ton. Rekor terbesar Blue Marlin adalah mengangkut tambang minyak lepas pantai seberat 60.000 ton lebih dari Korea ke Teluk Meksiko sejauh 25.800 km.

2.Dockwise

Saking besarnya, Dockwise bisa mengangkut, rig minyak  seberat 59.500 ton.

3.Hoegh Target

Kapal pengangkut mobil dan truk terbesar di dunia, dengan lebar dek 10 kali lapangan sepak bola, bisa  mengangkut kendaraan sebanyak 8.500 unit.

4.The chinese CSCL Globe

Memiliki panjang 400 meter atau 1.313 kaki , adalah kapal kontainer terbesar di dunia dan mampu mengangkut 19.100 unit kontainer. 

Baca Juga: Fakta Kapal Cepat Rudal 60 Meter yang Diluncurkan Prabowo, Perkuat Alutsista TNI AL

https://www.kompas.tv/article/239928/fakta-kapal-cepat-rudal-60-meter-yang-diluncurkan-prabowo-perkuat-alutsista-tni-al 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x