Kompas TV video sinau

Fakta Kapal Cepat Rudal 60 Meter yang Diluncurkan Prabowo, Perkuat Alutsista TNI AL

Rabu, 8 Desember 2021 | 20:10 WIB

KOMPAS.TV – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan peluncuran kapal cepat rudal (KCR) 60 meter pada Minggu (5/12/2021).

KCR 60 meter terbaru ini merupakan kapal cepat rudal produksi kelima, yang dibuat oleh perusahaan galangan dalam negeri yaitu PT PAL Indonesia (Persero).

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut telah memiliki empat KCR 60 meter yaitu KRI Kerambit-627, KRI Sampari-628, KRI Tombak-629 dan KRI Halasan-630.

Kehadiran kapal cepat rudal kelima yang rencananya diberi nama KRI Kapak ini diharapkan dapat memperkuat dan memodernisasi kebutuhan alutsista di jajaran TNI AL, dan menjadi armada laut yang tangguh.

KCR 60 meter kelima ini memiliki kemampuan manuver yang lincah dan mampu bergerak secara cepat untuk melakukan pengamanan wilayah maritim, serta pengejaran terhadap kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut Indonesia.

Baca Juga: Aksi Prabowo yang Getol Jualan Produk Industri Pertahanan, Sukses Gaet Malaysia Kunjungi PT Pindad

Nantinya, kapal terbaru ini akan bergabung dengan Komando Armada III (Koarmada III) TNI AL yang membawahi wilayah laut Indonesia bagian timur.

Secara teknis, KCR 60 meter masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV) yang memiliki sejumlah keunggulan. Kapal ini punya dimensi 60 x 8,10 x 4,85 meter, dengan kecepatan maksimum (full load) 28 knot dan kecepatan jelajah (cruising) 20 knot.

KCR 60 meter memiliki kapasitas 55 orang kru, mampu mengakomodasi muatan seberat 500 ton, serta memiliki ketahanan di laut selama lima hari.

Kapal ini mempunyai jarak jelajah 2400 nautical mile (NM) pada kecepatan 20 knot, dan dilengkapi sistem persenjataan yang mampu mendeteksi sasaran atau target baik di udara, permukaan, dan bawah laut.

Setelah diluncurkan, KCR 60 Meter kelima ini selanjutnya akan menjalani berbagai serangkaian proses pengujian dari para ahli dan teknisi, sebelum diserahterimakan kepada TNI AL sebagai pengguna.

(*)

Grafis: Agus Eko 

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19