Kompas TV regional peristiwa

Masuk Skala Bahaya, Banjir-Rob Pesisir Jakarta Masih akan Terjadi Hingga 9 Desember 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:15 WIB
masuk-skala-bahaya-banjir-rob-pesisir-jakarta-masih-akan-terjadi-hingga-9-desember-2021
Seorang warga mendorong sepeda motornya melintasi genangan rob di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Minggu (5/12/2021). (Sumber: Kompas.id/Rony Ariyanto Nugroho)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyebut, rob yang terjadi di wilayah Jakarta Utara lebih parah dari biasanya dan sudah masuk skala merah atau bahaya. Untuk itu, warga diminta untuk tetap waspada karena fenomena rob ini masih akan terjadi hingga 9 Desember 2021.

Diketahui, banjir rob yang melanda wilayah Jakarta Utara sudah terjadi selama tiga hari dengan ketinggian air pasang mencapai 250-265 cm.

”Upaya mitigasi sudah kami tindak lanjuti sesuai prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait pasang air laut yang terjadi 2-9 Desember 2021. Antisipasi juga telah dilakukan dengan penempatan petugas, evakuasi, bantuan sosial, penyiapan titik evakuasi atau pengungsian hingga penanganan pascasurut,” papar Ali, seperti dikutip dari Kompas.id.

Di samping itu, Pemerintah Kota Jakarta Utara sudah menyiagakan lima pompa mobile dan mengerahkan personel untuk menangani genangan dan banjir yang disebabkan oleh rob di Jakarta Utara.

Di Kelurahan Ancol dan Pluit, pihaknya menyiapkan masing-masing dua unit pompa mobile. Sementara itu, satu unit pompa mobile disiagakan di Kelurahan Kapuk Muara.

Baca Juga: BPBD: 39 RT di Jakarta Masih Tergenang Banjir Rob pada Selasa Siang

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta M Insaf mengatakan, hingga Selasa (7/12/2021) pukul 15.00, banjir rob masih menggenangi 39 RT di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Wilayah yang paling banyak tergenang berada di Jakarta Utara, yakni mencapai 23 RT.

Upaya antisipasi

Adapun salah satu upaya yang dilakukan Pemprov DKI untuk mengatasi banjir rob di pesisir Jakarta itu yakni terus melanjutkan pembangunan tanggul pantai Pembangunan Kawasan Pesisir Terpadu Ibu Kota Nasional (National Capital Integrated Coastal Development/NCICD) di sepanjang pesisir Ibu Kota.

Pembangunan tanggul NCICD dimulai sejak tahun 2016 hingga 2019. Di 2021, pembangunan tanggul kembali dilanjutkan dengan target tanggul yang bakal terbangun sepanjang 790 meter.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Kompas.id



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tahanan Polres Kembali Di Tangkap

Senin, 24 Januari 2022 | 16:36 WIB
Berita Daerah

Pementasan Tari Sanghyang

Senin, 24 Januari 2022 | 16:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19