Kompas TV video sinau

Mengenal Jembatan Gladak Perak, Jembatan Bersejarah yang Putus Karena Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 20:18 WIB

KOMPAS.TV - Kabupaten Lumajang memiliki julukan kota pisang. Selain dijuluki sebagai kota pisang, kabupaten lumajang juga punya ikon lain, yaitu jembatan Gladak Perak. Berlokasi di Kecamatan Candipuro, membentang di atas sungai Besuk Sat.

Menyadur Visitlumajang.com, area Gladak Perak ini jadi rest area atau tempat istirahat ketika menempuh perjalanan bagi pengendara yang melintasi jalanan naik turun dan berkelok Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo. Di sana banyak warung yang bisa disinggahi, sembari menyesap kopi hangat atau makan bersama udara sejuk di sekitar jembatan Gladak Perak.

Sayangnya, jembatan favorit ini hancur diterjang guguran Gunung Semeru, Sabtu 4 Desember 2021 lalu.

Jembatan ini terdiri dari dua jembatan, yaitu jembatan baru dan jembatan lama. Jembatan lama, sudah tidak digunakan lagi, dan berstatus sebagai cagar budaya. Gladak Perak lama, dibangun pada  tahun 1925-1940 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan lebar sekitar 4 meter dan panjang 100 meter, dilansir dari Visitlumajang.com.

Sebelum dibangun dengan konstruksi kerangka besi, Belanda sudah membangun jembatan gantung yang jadi urat nadi transportasi saat itu.

Agresi militer Belanda yang dimulai 21 juli 1947 menyerang beberapa daerah di Jawa Timur termasuk Lumajang. Untuk menghambat gerakan pasukan belanda tentara dari Zeni Pioneer 22 Jatiroto kemudian meledakkan Gladak Perak.

Tahun 1952 Gladak Perak dibangun kembali, kemudian difungsikan seperti semula setelah situasi Indonesia membaik. Jembatan baru yang digunakan untuk lalu-lintas kendaraan, dibangun tahun 1998, dengan panjang 130 meter. Melansir Kompas.com jembatan ini memiliki julukan lain, yaitu jembatan piket nol dan jembatan pancing. 

Baca Juga: Update Cuaca Pasca Erupsi Semeru: Waspada Lumajang Masih Diguyur Hujang dari Siang hingga Malam

Grafis: Agus Eko Apriyanto 

Penulis : Sunbhio Pratama

Sumber : diolah dari berbagai sumber



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19