Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Kirim Personel dan Bantuan Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 15:38 WIB
pemprov-dki-kirim-personel-dan-bantuan-logistik-untuk-korban-erupsi-gunung-semeru
Pemprov DKI Jakarta kirimkan bantuan logistik dan personel untuk korban letusan Gunung Semeru, Senin (6/12/2021). (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirimkan personel dan bantuan logistik untuk kebutuhan warga korban terdampak erupsi Gunung Semeru yang meletus Sabtu (4/12/2021) lalu. 

Sebanyak delapan truk yang mengangkut bantuan logistik diberangkatkan ke Kabupaten Lumajang bersama 60 anggota gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Tagana Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik.

“Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kita kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang, dan koordinasi dengan baik menanyakan kondisi lapangan, serta kebutuhan apa yang diperlukan untuk bisa membantu warga di sana,” kata Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, dalam siaran persenya, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Kepala BNPB Naik Motor Tinjau Dampak Erupsi Gunung Semeru, Ketebalan Capai 30 Sentimeter

Sabdo menjelaskan, bantuan yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin.

“Kita tidak melihat bantuan apa yang diberikan, tapi yang kita berikan sebagai wujud rasa kepedulian dan kebersamaan dalam bentuk kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk Lumajang. Ini bentuk kesetiakawanan, kebersamaan, kerja sama yang betul-betul kita wujdukan dengan nyata,” kata Sabdo.

Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin, juga menjelaskan bahwa bantuan dikirimkan untuk membantu meringankan beban warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. 

Khusus kepada personel Satpol PP, Arifin meminta supaya fungsi perlindungan masyarakat juga bisa diimplementasikan dengan baik di sana.

“Kalian harus berbangga hati (karena) berkesempatan untuk bisa memberikan tenaganya menjalankan tugas-tugas beberapa hari ke depan di lokasi bencana. Tunjukkan kalian dekat dengan korban, layani mereka, sentuh hatinya agar mereka yang sedang bersedih menjadi gembira dengan kehadiran kita. Ini menjadi catatan amal ibadah dan pahala buat kita semua,” kata Arifin pada keterangannya, Senin. 

Baca Juga: Gambar Udara Kondisi Terkini Desa Sumberwuluh Pasca-Erupsi Semeru

Arifin meminta agar tim gabungan menjaga kekompakan dan keselamatan selama membantu warga di Lumajang. 

“Tetap jaga keselamatan dan kekompakan Anda semua. Tidak ada kegiatan yang mandiri, ini misi kemanusiaan membantu saudara yang terkena musibah. Jadi semua kegiatan terkoordinir dan terawasi dengan baik,” tegas Arifin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x