Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Tangani Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 08:14 WIB
wakil-ketua-dpr-minta-pemerintah-gerak-cepat-tangani-erupsi-gunung-semeru
Sejumlah rumah tertutup tebalnya material letusan Gunung Semeru. Kadin Jawa Timur menyebut 6 sektor ekonomi terdampak letusan Semeru. Salah satunya pertanian Lumajang yang merupakan lumbung pangan Jawa Timur (6/12/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah yang diperlukan, khususnya penyelamatan warga dan langkah lainnya dalam menanggulangi bencana alam erupsi Gunung Semeru.

"Kami meminta kepada pemerintah, BNPB, TNI/Polri dan stakeholder terkait untuk melakukan langkah-langkah cepat guna menanggulangi musibah ini, terutama melakukan penyelamatan dan evakuasi bagi para warga yang ada di sekitar Gunung Semeru," kata Dasco kepada wartawan, Senin (6/12/2021). 

Baca Juga: Jarak Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Berkurang, Tetap Waspada!

Politikusu Partai Gerindra itu mengimbau agar pemerintah membuat posko-posko darurat, menyediakan kebutuhan pokok, baik sandang dan pangan serta obat-obatan yang diperlukan oleh para warga. 

Selain itu, dirinya berharap agar bencana alam ini lekas berlalu dan masyarakat di sana bisa kembali beraktivitas secara normal.

"Kami meminta kepada masyarakat agar tetap waspada. Semoga musibah ini segera berlalu dan kita semua diberikan kekuatan serta ketabahan oleh-Nya, khususnya bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak," ujarnya. 

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan keprihatinannya atas bencana erupsi di Gunung Semeru, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021). 

"Dengan terjadi erupsi Gunung Semeru ini, tentunya kami sampaikan prihatin dan duka cita yang mendalam bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak dan berada di radius erupsi," katanya. 

Baca Juga: Semeru Meletus, Hasil Pertanian dari Lumbung Pangan Jatim Terganggu

Sebagai informasi, BNPB mencatat jumlah korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 14 orang hingga Minggu (5/12/2021) pukul 17.30 WIB.

Data dari BNPB menyatakan sebanyak 5.205 warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Dari Jumlah tersebut terdapat 1.300 orang yang berada di pengungsian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x