Kompas TV olahraga kompas sport

Jojo Mempertanyakan Soal Bonus Tim Thomas Indonesia, Menpora: Pemberian Bonus Uang Harus Hati-Hati !

Minggu, 5 Desember 2021 | 05:40 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyayangkan sindiran pebulu tangkis Jonatan Christie di akun media sosialnya.

Jojo mempertanyakan pemberian bonus kepada Tim Thomas Indonesia yang sukses mengakhiri puasa gelar selama 19 tahun.

Sesuai aturan Permenpora No 1684 tahun 2015 Pasal 6 ayat 1 menyebutkan, penghargaan olahraga dapat diberikan pada para pelaku olahraga yang berjasa di tingkat regional dan internasional, baik ajang tunggal maupun multi ajang, namun penghargaan olahraga yang diberikan bukanlah bonus dalam bentuk uang.

Apabila merujuk pada pasal 10, terdapat 11 bentuk penghargaan olahraga yang dapat diberikan, mulai dari tanda kehormatan, kemudahan, beasiswa, pekerjaan, asuransi, warga kehormatan dan sebagainya hingga bentuk penghargaan lain.

Baca Juga: Undian Kejuaraan Dunia Badminton 2021: Lawan Sulit Bisa Ancam Marcus/Kevin

Menpora menegaskan pemberiaan bonus kepada para atlet harus dilakukan hati-hati dan mengikuti aturan, karena pemberian bonus menyangkut soal keuangan negara yang menjadi tanggung jawabnya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Saya juga tidak tahu gejala apa itu. Makanya nanti kita akan menjelaskan kepada PBSI tentang kenapa kita harus hati-hati dalam memberikan bonus," ujar Menpora, Zainudin Amali.

"Akan tetapi, kami akan pertegas untuk kegiatan-kegiatan yang akan mendapatkan bonus. Kategori-kagetorinya akan diperjelas, kalau multievent tentu pasti," tambahnya.

Amali meminta publik untuk bersabar terkait bentuk penghargaan yang akan diberikan pada atlet.

Mengingat di bawah komando Amali, Kemenpora saat ini berstatus wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

Status inilah yang Kemenpora tengah jaga.

Baca Juga: Ikut Tanding Bulu Tangkis, Jokowi Apresiasi Keberhasilan Tim Piala Thomas

Penulis : Shinta Milenia

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19