Kompas TV olahraga kompas sport

Undian Kejuaraan Dunia Badminton 2021: Lawan Sulit Bisa Ancam Marcus/Kevin

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 13:34 WIB
undian-kejuaraan-dunia-badminton-2021-lawan-sulit-bisa-ancam-marcus-kevin
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mengalahkan Lee Yang/Wang Chi Lin di pertandingan perdana BWF World Tour Finals 2021, Rabu (1/12/2021). (Sumber: Twitter @INABadminton/PBSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, memburu prestasi tinggi pada Kejuaraan Dunia 2021.

Sulit untuk membantah bahwa Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan pasangan ganda putra paling dominan dalam beberapa tahun terakhir.

Dipasangkan pada 2015, Marcus/Kevin 'hanya' memerlukan dua tahun untuk mengambil alih peringkat teratas di sektor mereka.

Baca Juga: BWF World Tour Finals 2021 - Musuh Marcus/Kevin Mengundurkan Diri

Marcus/Kevin pun tercatat sebagai pasangan ganda putra nomor satu paling awet sepanjang sejarah.

Posisi penguasa ganda putra dipertahankan Marcus/Kevin selama 174 pekan beruntun, atau tiga tahun lebih.

Konsistensi menjadi kunci kesuksesan Marcus/Kevin. Sejak 2017 hingga 2019 mereka setidaknya merebut tujuh gelar juara dalam satu tahun.

Namun, legasi Marcus/Kevin sebagai duet tersukses di ganda putra agak tercoreng dengan catatan negatif mereka di turnamen mayor.

Maksudnya, Marcus/Kevin tak pernah sekali pun menjuarai Kejuaraan Dunia atau Olimpiade.

Catatan tidak wajar Marcus/Kevin mirip seperti legenda bulu tangkis, Lee Chong Wei, yang tak pernah menjadi juara dunia atau meraih medali emas Olimpiade.

Bedanya, sementara Lee Chong Wei bolak-balik masuk final turnamen mayor, Marcus/Kevin sejauh ini mentok di babak perempat final.

Hanya sekali Marcus/Kevin terhenti pada babak kedua turnamen mayor. Sisanya, mereka menelan kekalahan di perempat final.

Perempat final pun menjadi pemberhentian terakhir pasangan berjuluk Minions ketika melakoni debut pada Olimpiade Tokyo 2020.

Kala itu Marcus/Kevin disingkirkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), yang sebelumnya tak pernah mengalahkan mereka dalam tujuh pertemuan.

Ditambah kegagalan Marcus/Kevin menyumbang poin saat Indonesia tersingkir pada perempat final Sudirman Cup 2021, muncul pendapat untuk memisahkan keduanya.

Namun, Marcus/Kevin mampu membungkam keraguan publik dengan menunjukkan penampilan kuat dalam empat turnamen terakhir.

Catatan dua gelar juara secara ironis menjadikan Marcus/Kevin sebagai salah satu wakil Indonesia tersukses pada tahun 2021.

Pembuktian Marcus/Kevin di turnamen mayor pun menjadi salah topik menarik menjelang bergulirnya Kejuaraan Dunia 2021.

Marcus/Kevin ditunggu lawan-lawan yang sulit dalam hasil undian Kejuaraan Dunia 2021 yang digelar secara daring pada Rabu (1/12/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x