Kompas TV regional peristiwa

Dampak Erupsi Gunung Semeru: 3 Warga Hilang, Jembatan Lintas Malang-Lumajang Putus

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 19:16 WIB
dampak-erupsi-gunung-semeru-3-warga-hilang-jembatan-lintas-malang-lumajang-putus
Jembatan Gladak Perak putus dan rumah warga rusak usai erupsi Gunung Semeru. (Sumber: Twitter/DaryonoBMKG)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Erupsi Gunung Semeru berdampak pada Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Sejumlah bangunan dan infrastruktur rusak dan beberapa warga menghilang.

Koordinator Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto mengatakan, erupsi Gunung Semeru bermula dengan luncuran lahar pada pukul 13.30 WIB.

Sekitar pukul 15.00 WIB, gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu melontarkan awan panas guguran dan hujan abu vulkanik mengarah ke Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, AirNav Pastikan Penerbangan Tetap Beroperasi

Di sisi lain, Pos Pantau Gunung Bruno, yang relatif dekat dengan Gunung Semeru, mencatat gempa bumi dengan getaran beramplitudo 24 milimeter. Getaran gempa terasa selama hampir satu jam mulai pukul 14.10 WIB hingga 15.09 WIB. 

Akibatnya, Jembatan Gladak Perak terputus karena banjir lahar. Jembatan ini adalah jalan alternatif penghubung Lumajang-Malang di Kecamatan Candipuro.

Melansir Surya.co.id, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati juga mengabarkan bahwa tiga warga menghilang, antara lain seorang penambang pasir dan seorang pemilik warung setelah Semeru meletus.

"Iya saya tadi dapat informasi ada 3 orang yang hilang, mereka terjebak kepulan asap dan sekarang masih dicari," ujar Indah Amperawati.

Sementara, erupsi Gunung Semeru tidak terlalu berdampak di perbatasan lainnya antara Malang-Lumajang, tepatnya di Kecamatan Ampelgading.

Warga Kecamatan Ampelgading mengalami hujan abu yang tidak terlalu lebat hingga pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Debu Vulkanik Mengarah ke Mana?

"Terpantau aman, hanya hujan abu tipis-tipis. Saat ini juga kondisi cuaca di sini sedang hujan," ujar Ahmad Sovie, Camat Ampelgading, dikutip dari Tribunnews.com.

Kondisi aman juga dialami warga Malang. Warga Malang hanya mengalami hujan abu tipis.

"Untuk wilayah terdampak langsung tidak ada, namun hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa wilayah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan .

Di sisi lain, sejumlah rumah warga rusak akibat getaran saat erupsi Gunung Semeru. Hal ini terpantau dari akun Twitter milik Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

BPBD Jatim telah mengirimkan tim untuk membantu BPBD Kabupaten Lumajang melakukan evakuasi terhadap warga terdampak di sekitar gunung api tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

"Agen bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Lumajang menuju lokasi untuk asesmen dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru," ujar Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santosa.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru Jadi Trending Topic di Twitter, Gunung Merapi Ikut Trending

 



Sumber : surya.co.id/tribunnews.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.