Kompas TV nasional peristiwa

Erupsi Gunung Semeru Jadi Trending Topic di Twitter, Gunung Merapi Ikut Trending

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 18:01 WIB
erupsi-gunung-semeru-jadi-trending-topic-di-twitter-gunung-merapi-ikut-trending
Aktivitas vulkanik Gunung Semeru pada hari ini. (Sumber: Dok PVMBG)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB menjadi trending topic di media sosial Twitter. Sampai dengan pukul 17.30 WIB, lebih dari 64.000 cuitan di Twitter terkait erupsi Gunung Semeru.

Tidak sedikit warganet yang mengunggah video pendek terjadinya erupsi Gunung Semeru di Lumajang itu.

Sebagian yang diunggah adalah video yang sudah beredar di media sosial, akan tetapi ada pula video kondisi rumah-rumah warga yang tertimbun material Gunung Semeru.

Gunung Semeru tidak sendirian menjadi trending topic. Gunung Merapi yang berada di kawasan Jawa Tengah dan DIY juga menyusul dibicarakan warganet dengan jumlah cuitan lebih dari 5.000 dalam kurun waktu yang sama.

Baca Juga: Ahli: Potensi Gunung Semeru yang Paling Berbahaya adalah Awan Panas Guguran

Gunung Merapi dan Semeru sama-sama sedang menunjukkan aktivitas vulkanik. Tingkat aktivitas Gunung Merapi Level III (Siaga), sedangkan Gunung Semeru Level II (Waspada).

Potensi bahaya Gunung Merapi saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Warga Dengar Gemuruh Sejak Jumat Sore

Sementara, peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang disertai awan panas guguran mengharuskan warga menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x