Kompas TV regional peristiwa

Gunung Semeru Meletus, Debu Vulkanik Mengarah ke Mana?

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 18:20 WIB
gunung-semeru-meletus-debu-vulkanik-mengarah-ke-mana
Letusan Gunung Semeru mengarah ke Kabupaten Lumajang. (Sumber: https://magma.esdm.go.id/)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Letusan Gunung Semeru melontarkan awan panas dan debu vulkanik. Tak hanya itu, lava juga meluncur hingga 800 meter dari kaki gunung. Daerah mana paling terdampak?

Gunung Semeru sudah bergejolak sejak Jumat (3/12/2021) malam. Beberapa kali guguran lava turun mengarah ke jalur lahar di Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Tak berhenti di situ, Gunung Semeru meletus atau erupsi sebanyak 54 kali selama 24 jam terakhir dengan amplitudo 11-12 mm dengan durasi 85-130 detik.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Warga Dengar Gemuruh Sejak Jumat Sore

Peningkatan aktivitas memuncak pada pukul 15.00 WIB. Awan panas berguguran di Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Pantauan satelit pada pukul 17.00 WIB, Gunung Semeru kembali mengalami peningkatan pelepasan gas belerang SO2.

Melansir rilis dari BMKG Juanda, debu vulkanik dapat menyebar ke lima mata angin. Ada pergerakan angin ke arah timur dengan kecepatan 10-20 km/jam dan dapat membawa debu vulkanik dari permukaan.

Lalu, pada lapisan 10 ribu kaki, angin bergerak ke arah utara dengan kecepatan 0-05 km/jam. Sementara, pada lapisan 14 ribu kaki, angin bergerak ke arah barat dengan kecepatan 5-10 km/jam.

Namun, BMKG Juanda memperkirakan, debu vulkanik akan cenderung bergerak ke arah barat dan barat daya.

“Diprakirakan 6 jam ke depan pergerakan debu vulkanik cenderung mengarah ke barat hingga barat daya,” demikian keterangan tertulis dari BMKG Juanda pada Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Bupati Lumajang: Dua Kecamatan Gelap

Hal ini karena angin bergerak ke arah barat dengan kecepatan lebih tinggi, yaitu 20-30 km/jam dan ke arah barat daya 40-50 km/jam.

Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur telah mengirimkan tim untuk membantu BPBD Kabupaten Lumajang melakukan evakuasi pada warga terdampak letusan Gunung Semeru.

"Agen bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Lumajang menuju lokasi untuk asesmen dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru," ujar Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santosa, dikutip dari Antara.

BPBD Lumajang, kata dia, juga langsung berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk melakukan langkah-langkah evakuasi.

Pihaknya juga mengaku telah melaporkan kondisi Gunung Semeru kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, serta Pelaksana Harian Sekda Provinsi Jatim sekaligus Kepala BPBD Jatim Heru Tjahjono.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru Jadi Trending Topic di Twitter, Gunung Merapi Ikut Trending



Sumber : Antara/BMKG Juanda

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.