Kompas TV regional berita daerah

Degan Bakar Dicampur Rempah dan Kuning Telur, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 18:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Degan atau kelapa muda bisa disajikan dengan cara dibakar, dicampur rempah-rempah dan kuning telur. Seperti yang dilakukan oleh sekelompok pemuda di Kota Probolinggo Jawa Timur. Selain hangat di tubuh, minuman itu dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Degan bakar rempah-rempah, salah satunya dijual di warung sederhana, yang terletak di Jalan Raya Lumajang, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Warung itu dikelola oleh Wahyu bersama saudara-saudaranya yang masih muda.

Baca Juga: Kelapa Muda Bakar Dicampur Rempah, Dapat Menjaga Imun Tubuh

Proses membuatnya sederhana, yakni bakar kelapa muda di dalam tong atau drum selama 30 menit. Lalu kupas untuk diambil airnya dan belah jadi dua untuk diambil daging kelapanya. Selanjutnya air dan daging degan disajikan menggunakan batok kelapa dengan dicampur jahe, keningar, kapulogo, kuning telur ayam kampung dan susu perah.

Menurut salah satu penikmat degan bakar, Siti Sholeha, selain dapat melepas dahaga, degan bakar rempah juga dapat menghangatkan badan, menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Bakso Mama Muda, Disajikan dalam Kelapa Muda Segar, Menarik Minat Pembeli

Warung degan bakar rempah milik Wahyu buka sejak petang hingga tengah malam. Wahyu dapat menjual 70 hingga 100 degan bakar per hari dengan omset dua juta rupiah.

Satu porsi degan bakar rempah dijual seharga 13 ribu rupiah hingga 16 ribu rupiah tergantung racikan ramuan.

 

#DeganBakar #KelapaMuda #RempahRempah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x