Kompas TV regional berita daerah

Kreasi Kuliner Tingkatkan Omzet di Masa Pandemi, Ada Bakso Kelapa Muda dan Bebek Super Pedas

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 18:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seiring dengan menurunnya kasus Covid-19, sejumlah pengusaha kuliner di sejumlah daerah membuat kreasi menu makanan, mulai dari bakso kelapa muda hingga bebek pedas galis. Kreasi itu dilakukan untuk meningkatkan omzet yang sempat turun drastis selama PPKM.

Bakso kelapa muda atau dikenal bakso mama muda dikreasikan oleh pemilik kedai bakso sultan, yakni Suwarnoto. Sejak menyediakan menu kelapa muda, kedai baksonya yang berlokasi di Jalan Lumba-lumba Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, ramai pembeli.

Bakso kelapa muda berisi pentol daging sapi, pentol tahu, bihun putih, mie kuning dan aneka sayuran, seperti sawi, irisan wortel, tomat, mentimun dan juga mangga muda. Seperti namanya, bakso kelapa muda disajikan dalam batok kelapa muda, lengkap dengan isi dagingnya.

Baca Juga: Bakso Lava dengan Lelehan Daging Cincang Super Pedas

Sedangkan untuk air kelapa muda disajikan dalam gelas sebagai minuman pendamping. Olahan kuliner unik ini pun menghasilkan cita rasa dan aroma yang khas.

Berkat kreasinya, penjualan bakso di kedai milik Suwarnoto perlahan meningkat, setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Dalam sehari, ia dapat menjual 50 porsi bakso kelapa muda dengan harga 20 ribu rupiah per porsi lengkap dengan segelas air kelapa muda.

Kreasi kuliner juga dilakukan Ana, pemilik warung bebek di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Ia membuat kreasi menu makanan serba pedas, salah satunya bebek pedas galis. Bebek yang sudah digoreng hingga kering dicampur bumbu pedas sehingga sangat nikmat saat disantap bersama nasi putih maupun nasi jagung.

Selama pandemi Covid 19, warung yang dikelola Anna dan keluarga di Kota Bangkalan sepi pembeli. Namun setelah menawarkan menu baru, yakni bebek pedas galis, pembeli mulai berdatangan lagi.

Baca Juga: Ini Dia Sate Bebek Paling Dicari di Cilegon, Sate Dengan Rasa Nikmat dan Empuk!

Satu piring nasi dengan satu potong bebek pedas galis dijual dengan harga 18 ribu rupiah. Keringat langsung bercucuran saat menyantap bebek yang sudah dicampur bumbu pedas dengan rempah khusus.

Untuk menghindari kerumunan, kedai bakso kelapa muda dan warung bebek pedas galis menyediakan layanan online. Bagi pembeli yang makan di tempat dibatasi jumlah tempat duduknya dan waktu makannya.

 

#BaksoKelapaMuda #BebakPeas #KreasiKuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x