Kompas TV internasional kompas dunia

Wakil Ketua DMI Berkunjung ke Mesir, Bahas Pendidikan dan Dakwah dengan Al-Azhar

Minggu, 28 November 2021 | 03:05 WIB
wakil-ketua-dmi-berkunjung-ke-mesir-bahas-pendidikan-dan-dakwah-dengan-al-azhar
Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin Kambo (Sumber: Dok Istimewa)

KAIRO, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin Kambo, melakukan lawatan ke Kairo, Mesir. Syafruddin membawa rombongan sebanyak 40 kiai Indonesia.

Rencananya, mereka akan bertemu dengan beberapa tokoh penting Islam Al-Azhar dalam rangka silaturahmi, bertukar pikiran, dan membahas sinergi kerja sama Indonesia dengan Mesir dalam bidang pendidikan, dakwah dan keislaman wasatiyah di Tanah Air.

Rombongan akan bertemu dengan Grand Syekh Al-Azhar dan Rektor Al-Azhar Kairo, Profesor Dr Muhammad Al Mahrosowi, pada Minggu (28/11/2021).

Hubungan Mesir (Al-Azhar) dengan Indonesia sangat erat, yang ditandai kunjungan Grand Syaikh Al-Azhar ke Indonesia pada 2016 dan 2018 lalu.

Dalam agenda lainnya, Syafruddin dan rombongan akan menemui mantan Rektor Al-Azhar, yang merupakan  Dewan Pembina Yayasan Museum Rasulullah Prof Dr Ibrahim Al Hudhu, dan Sekjen Pusat Riset Keislaman Al-Azhar Prof Dr Nadhir Ayyadin.

Rombongan juga dijadwalkan akan menghadiri sidang terbuka S3 Pimpinan Pondok Modern Tazakka, KH Anang Rikza di Universitas Suez Canal Ismailiyah.

Baca Juga: Dewan Masjid Indonesia: Memutus Penularan Virus Covid-19 Mencirikan Umat Bertakwa

Di sela-sela kunjungannya tersebut, Syafruddin bersama rombongan berkesempatan mengunjungi objek wisata penting di Mesir.

"Alhamdulilah, hari ini saya berkesempatan ziarah langsung ke makam Imam As-Syafi-i. Beliau adalah sosok yang saya kagumi dan juga imam mazhab sebagian besar umat Islam di Indonesia," kata Syafruddin Kambo di Mesir, Sabtu (27/11/2021).

Bagi mantan Wakapolri tersebut, ziarah ke makam Imam Syafi'i merupakan sebuah kehormatan. Dia juga bersyukur bisa berkunjung, sebab kagum atas keteladanannya dalam menerima berbagai pendapat mazhab lain.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19