Kompas TV nasional sosok

Profil Ketum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno, Buru Anggota yang Terlibat Pengeroyokan Polisi

Kompas.tv - 27 November 2021, 08:42 WIB
profil-ketum-pemuda-pancasila-japto-soerjosoemarno-buru-anggota-yang-terlibat-pengeroyokan-polisi
Ketua Umum MPN Pemuda Pancasila, Japto Soerjosoemarno memberikan pengarahan kepada ratusan anggotanya saat Muswil VI MPW Pemuda Pancasila di Gedung M-Icon, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/10/2012). (Sumber: Tribun Manado/Rizky Adriansyah)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Di balik aksi anarkis ormas Pemuda Pancasila (PP) yang mengeroyok seorang polisi saat demontrasi, nama Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno kini menjadi sorotan.

Untuk diketahui, Pemuda Pancasila melakukan pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan Karosekali saat demo di depan gedung MPR-DPR, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Unjuk rasa tersebut merupakan buntut dari pernyataan Wakil Ketua Komisi II DPR Junimar Girsang yang meminta ormas tersebut untuk dibubarkan.

Baca Juga: Pemuda Pancasila soal 16 Anggotanya Jadi Tersangka: Kami akan Beri Pendampingan Hukum

Menanggapi aksi anarkis tersebut, Japto melalui Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum Pemuda Pancasila Razman Nasution mengatakan bahwa pihaknya akan menyerahkan pelaku pengeroyokan.

“Kalau ketemu, Pemuda Pancasila yang akan serahkan langsung, karena itu perintah dari ketua umum. Saya cari tahu siapa pelakunya,” kata Razman Nasution, Jumat (26/11/2021).

Razman menjelaskan bahwa Japto Soerjosoemarno melarang anggota Pemuda Pancasila untuk melakukan penganiayaan kepada aparatur sipil atau negara. Lantas siapa Japto Soerjosoemarno?

Profil Japto Soerjosoemarno

Japto Soerjosoemarno sendiri merupakan tokoh Indonesia yang merupakan anak pasangan Mayor Jenderal (Pun) Ir. KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Soetarjo Soerjosoemano dan Dollu Zegeroius, yang merupakan keturunan Belanda.

Pria 72 tahun ini lahir di Surakatra, 16 Desember 1949 dan dibesarkan di tengah keluarga ningrat.

Japto Soerjosoemarno merupakan adik kandung dari aktris Kanjeng Raden Ayu Soemarini Soerjosoemarno alias Marini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x