Kompas TV regional hukum

Banyak Aset Negara Dijual, Kejaksaan NTT Buru Pejabat Aktif dan Nonaktif

Jumat, 26 November 2021 | 14:39 WIB
banyak-aset-negara-dijual-kejaksaan-ntt-buru-pejabat-aktif-dan-nonaktif
Tim Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, melakukan penertiban aset negara di daerah itu pada Jumat (26/11/2021). (Sumber: Kejari Kota Kupang via Kompas.id )

KUPANG, KOMPAS.TV – Sebanyak 65 mobil yang terdaftar sebagai aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) ditarik kembali keberadaannya dari orang yang tidak tepat, entah secara sengaja atau tidak.

Kejaksaan Tinggi NTT sudah selama satu bulan terkahir gencar memburu dan menarik aset negara yang berupa kendaraan tersebut.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat Kejaksaan Tinggi NTT Abdul Hakim mengatakan, pihaknya telah menarik 65 mobil yang terdaftar sebagai aset Pemprov NTT.

Sebagian kendaraan yang ditarik dalam kondisi layak beroperasi hingga rusak berat.

“Perburuan aset dilakukan bersama oleh kejaksaan dan bagian pendataan aset dari Pemprov NTT, sebagaimana nota kesepahaman antara Pemprov NTT dan Kejaksaan Tinggi NTT. Sejauh ini, terdapat berbagai kendala yang ditemui tim,” terangnya, Jumat (26/11/2021), dilansir dari Kompas.id.

Adapun mereka yang menjadi sasaran adalah mantan pejabat, pensiunan aparatur sipil negara, ataupun yang masih aktif.

Dalam hal ini pula, baik yang sedang atau pernah bertugas di lembaga eksekutif maupun legislatif. Bagi yang tak mau menyerahkan aset negara itu ada ancaman pidana yang menanti.

Masih melansir dari Kompas.id, sejumlah mobil dilaporkan hilang. Bahkan, ada yang sudah dijual kepada pihak lain dengan harga sangat murah.

Mobil Toyota Fortuner, misalnya, dijual dengan harga cuma Rp94 juta. Padahal, prakiraan harganya di atas Rp300 juta. Selain itu, ada mobil yang bahkan dibawa ke luar pulau.

Baca Juga: NTT Darurat Sindikat Perdagangan Orang - Asa Dan Derita Puan Pekerja Migran (2) - Berkas Kompas

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/Kompas.id



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19