Kompas TV video sinau

Apakah Gajah Dapat Bertahan Hidup Tanpa Belalai?

Jumat, 26 November 2021 | 19:00 WIB

KOMPAS.TV - Gajah adalah satwa yang punya ciri khas yaitu gading dan belalai yang panjang. Belalai gajah adalah otot yang juga memiliki fungsi sebagai alat pernapasan.

Gajah menggunakan belalainya untuk mengambil makanan di pohon tinggi atau rerumputan di tanah. Belalai pada gajah juga berguna untuk mengambil barang-barang seperti tangan pada manusia.

Lewat belalainya, gajah bisa menghisap hingga 14 liter air untuk minum atau disemburkan kembali. Selain itu, karena termasuk hewan yang pandai berenang, belalai gajah berfungsi seperti tabung udara atau snorkel saat digunakan untuk berenang.

Anak gajah belum bisa mengendalikan belalainya, namun ia suka memasukkan ujung belalai ke dalam mulut, seperti bayi yang suka memasukkan jarinya ke dalam mulut. Saat sudah tahu fungsi belalainya, anak gajah dan gajah dewasa menggunakan belalainya untuk mencium aroma sekitarnya

Lalu, bisakah gajah bertahan hidup tanpa belalai?

Baca Juga: Media Internasional Soroti Gajah Wisata di Bali Kelaparan, Disebut Tinggal Kulit dan Tulang

Ada beberapa penyebab yang membuat gajah dapat kehilangan belalainya, seperti faktor predator atau jeratan perangkap. Menurut Joyce Poole, Co-founder ElephantVoices, meski telah kehilangan belalainya, gajah punya kemampuan beradaptasi yang luar biasa.

Gajah-gajah tanpa belalai hanya akan makan daun dari pohon yang sejajar dengan mulutnya. Dalam kelompok, gajah tanpa belalai juga bisa menerima makanan atau minuman dari gajah lain.

Namun, dilansir dari National Geographic, mengingat fungsi penting belalai bagi gajah, beberapa peneliti juga berpendapat gajah-gajah tanpa belalai mungkin mengalami kesulitan dan tidak akan bisa bertahan hidup.

Hal ini terjadi pada anak gajah yang belalainya nyaris putus terkena jerat babi yang dipasang warga di perkebunan sawit di Kabupaten Aceh Jaya, Minggu (14/11/2021). Anak gajah dengan belalai diamputasi karena busuk terkena jerat itu ditemukan mati dalam masa perawatan.

(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber



BERITA LAINNYA


VOD

Tenaga Honorer Berpeluang Diangkat Jadi PNS?

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19