Kompas TV regional berita daerah

Akibat Cuaca Buruk, Harga Cabai Alami Kenaikan

Kompas.tv - 24 November 2021, 08:45 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dari pantauan di Pasar Kajen, Kabupaten Pekalongan, kenaikan harga terjadi pada jenis cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan cabai rawit hijau. Saat ini, harga cabai merah keriting, dijual Rp. 40 ribu dari harga semula hanya Rp. 28 ribu.

 

Cabai rawit merah Rp. 34 ribu yang tadinya hanya Rp. 28 ribu per kilonya. Sementara cabai hijau yang awalnya Rp. 16 ribu kini naik menjadi Rp. 24 ribu per kilogram nya.

 

Menurut pedagang, kenaikan harga cabai karena dampak cuaca buruk di daerah penghasil. Sehingga banyak petani yang gagal panen sehingga membuat harga cabai naik. Kenaikan harga juga terjadi pada komoditi minyak goreng curah yang dalam dua bulan terus mengalami kenaikan. Saat ini minyak goreng curah dijual Rp. 19 ribu dari awalnya Rp. 14 ribu. Kenaikan harga minyak goreng curah terjadi secara bertahap setiap pekannya.

 

Dari kenaikan harga cabai dan minyak goreng yang naik, telur ayam mengalami penurunan. Sempat di angka Rp. 24 ribu kini perkilogram nya hanya Rp. 22 ribu. Para pedagang berharap pemerintah menstabilkan harga cabai dan minyak goreng.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x