Kompas TV internasional kompas dunia

Satu Forum dengan Xi Jinping di KTT ASEAN-China, Jokowi Minta Hukum Internasional Dihormati

Kompas.tv - 22 November 2021, 19:41 WIB
satu-forum-dengan-xi-jinping-di-ktt-asean-china-jokowi-minta-hukum-internasional-dihormati
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri konferensi virtual ASEAN-China dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/11/2021). (Sumber: Rusman/BPMI Setpres )
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dalam Konferensi Khusus ASEAN pada Senin (21/11/2021). Konferensi ini digelar untuk memperingati 30 tahun hubungan ASEAN-China.

Jokowi dibersamai oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi tersebut. Sang presiden menghadirinya secara virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam konferensi tersebut, Xi Jinping menekankan pentingnya kerja sama dan hendak memperkuat kemitraan dengan negara-negara ASEAN.

Menurut Retno, ASEAN dan China sepakat meningkatkan status kemitraan menjadi comprehensive strategic partnership.

ASEAN dan China hendak memperkuat kerja sama di berbagai bidang, antara lain kesehatan publik, ekonomi kawasan, serta perubahan iklim.

Baca Juga: China Janji Tak akan Risak Kedaulatan Asia Tenggara

Untuk menjalankan kemitraan tersebut, negara-negara ASEAN meminta China menghormati hukum internasional, termasuk dalam sengketa Laut China Selatan.

China selama ini bersengketa dengan negara-negara ASEAN perihal Laut China Selatan. Sejumlah insiden antara kapal China dan negara kawasan juga terjadi di perairan.

Dalam konferensi, Jokowi pun secara tidak langsung menyinggung sengketa perairan ASEAN dengan China. Presiden menegaskan bahwa semua pihak wajib mematuhi hukum internasional.

“Presiden menggarisbawahi bahwa merupakan tanggung jawab semua negara untuk menjadikan kawasan kita damai dan stabil, di mana hukum internasional harus dihormati,” kata Retno menyampaikan pidato Jokowi dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Potret Jokowi Tanam Mangrove di Abu Dhabi, Luhut dan Menlu Retno Juga Ikut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x