Kompas TV nasional peristiwa

Luhut Sebut Sirkuit Mandalika Sudah Penuhi Standar Formula 1

Kompas.tv - 21 November 2021, 17:22 WIB
luhut-sebut-sirkuit-mandalika-sudah-penuhi-standar-formula-1
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal peluang Sirkuit Mandalika menggelar ajang Formula 1. (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

MATARAM, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan berbicara ihwal kans Indonesia menggelar balapan Formula 1 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Luhut menuturkan bahwa sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan itu dinilai sudah memenuhi ekspektasi.

Bahkan Luhut menyebut kualitas aspal Sirkuit Mandalika sudah memenuhi standar untuk menggelar balapan Formula 1.

"Standar kualitas aspal dari event Formula 1 itu tidak perlu seperti ini. Ini sudah melebihi (standar) Formula 1," kata Luhut di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). 

Di sisi lain, Luhut mengakui masih perlu dilakukan perbaikan pada beberapa bagian sirkuit dan sejumlah infrastruktur yang belum rampung. 

Namun, sekali lagi untuk lintasan, dia menegaskan, Mandalika sudah memenuhi syarat ajang jet darat paling bergengsi di dunia itu. 

"Tinggal kita perbaiki sana sini sedikit, sudah qualified untuk Formula 1. Tetapi apakah bisa, kita lihat aja peluangnya bagaimana nanti. Kalau jadi, Pak Gubernur NTB semakin hebat," tegas Luhut.

Lebih lanjut dia mengatakan keberadaan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB harus dijaga, mengingat ini dibangun untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Puji Sirkuit Mandalika: Bagus Sekali!

"Jadi semua terlibat dari atas sampai rakyat jelata. Jangan bilang pemerintah tidak perhatian. Pemerintah itu dari atas ke bawah sangat perhatian," pungkasnya. 

Diketahui sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengeklaim bahwa Sirkuit Internasional Mandalika memiliki peluang untuk menggelar ajang balap mobil Formula 1.

Kepala daerah yang biasa disapa Zul itu mengaku sudah mendapat tawaran dari Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman untuk memasukkan Sirkuit Internasional Mandalika ke dalam musim balapan Formula 1.

Tawaran tersebut, kata Zul, juga telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Jokowi semakin bersemangat setelah mengetahui bahwa sirkuit kita ini bisa dipakai untuk (balapan) Formula 1," kata Zul dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Meski demikian, Zul belum bisa memberi kepastian terkait kapan rencana memboyong perlombaan jet darat itu ke Sirkuit Internasional Mandalika dapat direalisasikan.

Baca Juga: Sirkuit Internasional Mandalika Berpeluang Gelar Balapan F1, Gubernur NTB: Sudah Ada Tawarannya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x