Kompas TV regional berita daerah

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Banyak Daerah Rendah, Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 18 November 2021, 12:59 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Capaian vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Timur masih rendah. Penyebabnya pun beragam. Di Kota Probolinggo, salah satu penyebabnya, banyak warga lansia beresiko tinggi. Di Sumenep, rendahnya dukungan masyarakat menjadi penyebabnya. Sedangkan di Jember, capaian vaksinasi justru terkendala stok vaksin.

Data Dinas Kesehatan Kota Probolinggo menyebutkan capaian vaksinasi warga lansia untuk dosis 1 dan 2 masih 37 persen atau kurang lebih 8 ribu orang. Padahal jumlah lansia di Kota Probolinggo sekitar 22.500 jiwa.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan rendahnya capaian vaksinasi lansia tak lepas dari banyaknya lansia yang beresiko tinggi, karena memiliki penyakit penyerta, seperti darah tinggi dan diabetes. Rendahnya capaian vaksinasi membuat Kota Probolinggo masih di status level 3 PPKM.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Berhadiah Beras Tingkatkan Minat Warga

Capaian vaksinasi di Kabupaten Sumenep tidak kalah parahnya. Selain rendah juga stagnan atau tidak mengalami peningkatan. Pada 30 Oktober, capaian vaksinasi dosis 1 mencapai 35,4 persen dan pada 15 November masih mencapai 35,6 persen.

Kabid P3M dan Penanggung Jawab Vaksin Dinkes Sumenep, Kusmawati menyebutkan banyak faktor yang membuat capaian vaksinasi rendah dan stagnan. Diantaranya lemahnya sinergitas di tingkat forum pimpinan kecamatan dan rendahnya dukungan dari seluruh pihak.

Rendahnya capaian vaksinasi juga terjadi di Kabupaten Jember. Per 13 November, capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis 1 mencapai 49,42 persen atau 988 ribu jiwa dari target keseluruhan peserta vaksin 1,9 juta jiwa.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Covid-19 Digalakkan, Antisipasi Varian Baru Delta Plus

Menurut Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman, salah satu kendalanya adalah ketersediaan vaksin yang terbatas. Namun Pemkab Jember terus mendorong capaian vaksinasi tuntas pada tahun 2021.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta seluruh pihak mendukung vaksinasi Covid-19 agar vaksinasi di Jawa Timur bisa menjangkau 31 juta orang.

Pemprov Jatim juga terus meminta penambahan vaksin ke pemerintah pusat. Hal itu ditegaskan saat Emil datang meninjau vaksinasi di Kabupaten Jember, pada Sabtu (13/11/2021).

 

#CapaianVaksinRendah #VaksinasiCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x