Kompas TV video sinau

Mengenal Jenis-jenis Wayang Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Kompas.tv - 17 November 2021, 18:56 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan budaya tak benda pada tanggal 7 November tahun 2003. Maka setiap tanggal 7 November kita memperingati hari wayang nasional. Wayang di Indonesia beragam dan banyak jumlahnya.  Supaya lebih paham, mari kita lihat jenis wayang berdasarkan bahan pembuatannya.

Merangkum dari berbagai sumber berikut jenis wayang berdasarkan bahan pembuatannya:

1.Wayang Golek

Wayang golek adalah wayang yang dibuat dari kayu, dan berbentuk 3 dimensi. Nama golek berasal dari serapan bahasa Jawa, yaitu nggoleki. Maksudnya adalah diharapkan setelah menonton wayang, penonton bisa mencari (nggoleki) intisari atau inti dari cerita.

2.Wayang Kulit

Wayang kulit terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Proses pembuatannya yaitu kulit  harus dikeringkan dahulu, lalu dibentuk sesuai karakter tokoh-tokoh  pewayangan.

3.Wayang Beber

Wayang beber dibuat dari lembaran kain (beberan). Pada satu lembar kain ini terdapat lukisan atau gambar sebuah adegan dalam pertunjukan pewayangan. Cara memainkannya yaitu dengan membentangkan kain lembaran satu demi satu, sesuai dengan urutan penceritaan.

4.Wayang Klitik

Wayang klitik terbuat dari kayu, hanya berbeda ketebalannya dengan wayang golek. Wayang klitik lebih tipis dan ringan dibanding wayang golek. Disebut wayang klitik karena ketika dimainkan, pada gesekan kayu timbul  suara "klitik-klitik".

Baca Juga: Adidas Minta Maaf Usai Posting "Wayang Kulit dari Malaysia"

https://www.kompas.tv/article/232568/adidas-minta-maaf-usai-posting-wayang-kulit-dari-malaysia 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x