Kompas TV nasional update

Berulang Tahun Hari Ini, Begini Sejarah Kelahiran Korps Marinir TNI AL

Kompas.tv - 15 November 2021, 19:06 WIB
berulang-tahun-hari-ini-begini-sejarah-kelahiran-korps-marinir-tni-al
Pasukan khusus TNI angkatan Laut (TNI AL) yakni Korps Marinir, berulang tahun ke-76 pada hari ini. Korps baret ungu ini lahir pada 15 November 1945. (Sumber: TNI AL)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pasukan khusus TNI angkatan Laut (TNI AL) yakni Korps Marinir, berulang tahun ke-76 pada hari ini, Senin (15/11/2021). Korps baret ungu ini lahir pada 15 November 1945 di Tegal, Jawa Tengah.

Dilansir Kompas.com, saat ini, Indonesia memiliki tiga Pasukan Marinir (Pasmar), yaitu Pasmar 1 di Jakarta, Pasmar 2 di Surabaya, dan Pasmar 3 di Sorong.

Hal ini sesuai dengan restrukturisasi organisasi Korps Marinir dalam rencana strategis 2015-2019. Tujuannya agar gelar pasukan lebih bisa menanggulangi masalah-masalah di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: KSAL Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 Marinir

Mengutip laman resmi Marinir, Korps Marinir di Indonesia terbentuk pada 15 November 1945 di Pangkalan IV ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia) Tegal.

Tugas utama Korps Marinir adalah sebagai pasukan pendarat, pasukan yang menyerang dari laut ke darat. Mereka dibekali beberapa pelatihan militer lintas matra untuk menunjang penugasan khusus.

Selanjutnya, pada 9 Oktober 1948, seluruh satuan kelautan dilebur menjadi Korps Komando Angkatan Laut (KKO-AL), berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertahanan Nomor: A/565/1948.

KKO AL aktif dalam beberapa penumpasan yang dilakukan oleh militer Indonesia. Bahkan, karena memiliki kekuatan dalam matra darat, KKO pernah masuk dalam jajaran Angkatan Darat.

Mengutip Harian Kompas, 31 Oktober 1975, KKO AL pernah masuk dalam kesatuan di dalam TNI-AD. Meski demikian, identitas KKO-AL masih dipertahankan dengan menjadi resimen tersendiri.

Resimen ini ikut dalam beberapa penumpasan pemberontakan. Beberapa tahun kemudian akhirnya dikembalikan ke dalam jajaran Angkatan Laut.

Pada 1975, nama KKO-AL dikembalikan lagi menjadi Korps Marinir, sesuai dengan sejarah lahirnya Korps sejak 1945.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x