Kompas TV regional berita daerah

ODGJ di Lampung Mulai Terima Vaksinasi Tahap Pertama

Kompas.tv - 15 November 2021, 16:12 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menggelar vaksinasi tahap pertama untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung, Kamis (11/11/2021) lalu.

Menurut Kadinkes Provinsi Lampung Reihana, vaksinasi yang diperuntukkan bagi ODGJ ini merupakan salah satu langkah, guna membentuk herd imunnity atau kekebalan kelompok.

Baca Juga: Kebut Vaksinasi di Peringatan Hari Pahlawan

Selain itu, Reihana yang dijumpai tengah meninjau vaksinasi juga menyebut, pelaksanaan vaksinasi ini akan terus dilakukan secara menyeluruh untuk menjangkau para ODGJ yang ada di Provinsi Lampung.

“Kita kan lagi mengejar vaksinasi. Tentu, kita tidak boleh meninggalkan yang disabilitas mental, ya,” ujar Reihana.

“Apalagi mereka (ODGJ) kan sulit untuk jaga jarak, mungkin juga sulit pakai masker. Jadi, kita protect mereka (ODGJ), kita kejar vaksinasi,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, ada sebanyak 300 ODGJ yang akan melakukan vaksinasi. Hal ini disampaikan oleh Dr. Ansyori Direktur RSJ Lampung.

Ansyori juga mengatakan, tidak ada perlakuan khusus bagi ODGJ saat menerima vaksinasi Covid-19. Namun, ODGJ yang dalam kondisi tenang, maka akan didahulukan.

“Secara triknya yang kita vaksin itu. bagi ODGJ yang sudah tenang,” katanya.

Baca Juga: Vaksinasi Warga Secara Door to Door

Dilansir dari data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dari total target masyarakat yang akan divaksin sebanyak 6.645.226 jiwa, lebih dari setengahnya atau 56.68% telah menerima vaksinasi tahap pertama. Sementara, untuk tahap kedua telah mencapai 25.74%.

Hingga kini, vaksinasi akan terus digencarkan, guna mencapai target rampung pada Desember 2021 dengan tujuan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di masyarakat.

#vaksinasi #odgj #dinkeslampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x