Kompas TV regional peristiwa

Deretan Peristiwa Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Cilacap yang Terjadi Sejak 1995

Kompas.tv - 14 November 2021, 10:42 WIB
deretan-peristiwa-kebakaran-kilang-minyak-pertamina-di-cilacap-yang-terjadi-sejak-1995
Foto kebakaran di kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) malam, yang beredar melalui WhatsApp. (Sumber: ANTARA/WhatsApp/Andi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kilang minyak milik PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada Sabtu (13/11/2021) sekitar pukul 19.20 WIB.

Menurut Andi, seorang saksi mata peristiwa tersebut, kebakaran di area kilang  terjadi saat hujan lebat disertai petir di sekitar lokasi. Tak lama berselang, kondisi sekitar langsung gelap gulita karena listrik padam.

Baca Juga: Detik-Detik Kilang Minyak Pertamina Terbakar, Terjadi Saat Hujan Lebat hingga Langsung Gelap Gulita

"Saat kebakaran itu terjadi, hujannya sangat lebat, selang beberapa menit kemudian, aliran listrik padam sehingga kondisi menjadi gelap gulita,” kata Andi dikutip dari Antara pada Minggu (14/11/2021).

Adapun kilang minyak yang terbakar yakni tangki 36T 102 yang berisi komponen pertalite dengan kapasitas sebanyak 31.000 kiloliter.

Api dipadamkan, 3 jam setelah kebakaran terjadi menggunakan campuran air dan foam.Setelah itu, petugas melakukan cooling hingga kondisi normal dan tidak ada lagi titik api yang menyala.

Kasus kebakaran kilang minyak Pertamina di Cilacap pada Sabtu (13/11/2021) malam itu ternyata bukanlah yang pertama.

Baca Juga: Api di Kilang Minyak Cilacap Belum Padam, Ratusan Warga Mengungsi ke Rumah Kerabat

Dikutip dari Surya.co.id, sejak tahun 1995 kebakaran terjadi beberapa kali di kilang minyak Cilacap. 

Pada 24 Oktober 1995, 10 kilang minyak terbakar akibat tersambar petir saat hujan deras. Kala itu, ribuan orang diungsikan karena hawa panas dan asap pekat.

Lalu, pada 9 Maret 2008, pipa kilang minyak terbakar karena alat pendingin meledak saat dibersihkan. Saat itu ada 2 pekerja yang dilaporkan tewas.

Kemudian, pada 3 Juni 2009 sekitar pukul 08.10 WIB, kilang penyulingan minyak terbakar akibat kebocoran di Kilang Fuel Oil Complex (FOC) Unit B.

Pada 24 Januari 2010, terjadi gangguan kecil di dapur pembakaran minyak mentah. Namun kejadian tersebut tak sampai memicu kebakaran. Pihak pertamina hanya menyebut terjadi letupan sesaat.

Baca Juga: Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina di Cilacap: Api Belum Padam, Asap Hitam Membumbung Tinggi

Selanjutnya, pada Sabtu, 2 April 2011 kebakaran hebat terjadi di kilang minyak Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, sekitar pukul 04.25 WIB.



Sumber : Kompas.com/Surya.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x