Kompas TV regional peristiwa

Detik-Detik Kilang Minyak Pertamina Terbakar, Terjadi Saat Hujan Lebat hingga Langsung Gelap Gulita

Kompas.tv - 14 November 2021, 08:01 WIB
detik-detik-kilang-minyak-pertamina-terbakar-terjadi-saat-hujan-lebat-hingga-langsung-gelap-gulita
Foto kebakaran di kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) malam, yang beredar melalui WhatsApp. (Sumber: ANTARA/WhatsApp/Andi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

CILACAP,  KOMPAS.TV - Seorang warga Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bernama Andi menceritakan detik-detik terjadinya peristiwa kebakaran di area kilang minyak PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap.

Menurut pria berusia 40 tahun itu, kebakaran kilang minyak milik Pertamina itu terjadi ketika hujan lebat. Tak lama berselang, kondisi sekitar langsung gelap gulita.

Baca Juga: Kilang Minyak Pertamina di Cilacap Kembali Terbakar

"Saat kebakaran itu terjadi, hujannya sangat lebat," kata Andi mengawali kesaksiannya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (13/11/2021) malam.

"Selang beberapa menit kemudian, aliran listrik padam sehingga kondisi menjadi gelap gulita."

Karena kondisi tersebut, kata Andi, membuat warga Kelurahan Donan dan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, atau yang lokasinya dekat dengan Kilang Pertamina panik.

Baca Juga: Tangki Kilang Minyak Pertamina di Cilacap yang Terbakar Berisi Pertalite

Bahkan, dia menyebut, informasi dalam grup WhatsApp, ada warga sekitar Jalan Thamrin, Kelurahan Lomanis, yang mengaku ingin mengungsi.

Sebab, rumah mereka sangat dekat dengan lokasi kebakaran kilang minyak pertamina. Sementara rumah Andi hanya berjarak sekitar 350 meter dari lokasi kebakaran.

"Kebakarannya di dekat pintu masuk area kilang. Kalau rumah saya jaraknya sekitar 350 meter dari area kilang," katanya.

Baca Juga: Memasuki Hari ke-2, Kobaran Api di Kilang Minyak Pertamina Cilacap Berhasil Dipadamkan

Saat ditanya mengenai kemungkinan adanya ledakan saat kebakaran itu terjadi, Andi mengaku tidak bisa memastikannya karena saat itu hujan sangat lebat.

"Mungkin karena saking lebatnya, suara ledakan itu diredam oleh hujan," ujar Andi.

"Tapi tadi pas anak saya keluar rumah, sempat mendengar suara aneh yang mungkin berasal dari ledakan yang diredam oleh hujan."



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x