Kompas TV regional berita daerah

Demi Pergi Sekolah, Siswa SD Nekat Lewati Jembatan Gantung yang Rusak

Kamis, 11 November 2021 | 19:28 WIB

BANJAR, KOMPAS.TV - Jembatan gantung di Desa Tanipah, Kecamatan Aluh-aluh, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mengalami kerusakan parah.

Meski ditutup oleh warga, namun masih ada pelajar sekolah dasar yang nekat menyeberangi sungai dengan berpegang erat pada bagian kawat jembatan untuk bersekolah.

Hal tersebut lantaran jembatan alternatif yang berjarak sekitar 300 meter dianggap jauh oleh para siswa berseragam merah putih tersebut.

Baca Juga: Demi Seberangi Banjir, Pengendara Roda Dua Rela Bayar Rp. 50.000 Gunakan Jasa Perahu

Kondisi rusak dan miringnya jembatan ini bermula saat tiang penyangga di tengah keropos hingga patah diterjang gelombang pasang air laut yang disertai dengan angin kencang pada senin 8 November 2021 lalu.

Sejak peristiwa itu, setiap malam rumah warga kerap dibanjiri air pasang meski hanya berkisar 10 sentimeter kedalaman dan cepat surut.

Beranjak dari itu, Camat Aluh-aluh, Harun Al Rasyid, menyatakan bahwa pihak PUPR Kabupaten Banjar meresponnya dengan melakukan perbaikan dalam beberapa hari ke depan.

Agar warga ataupun pelajar dapat melewatinya dengan keamanan, meskipun tidak permanen.

"Pihak Kabupaten Banjar sudah merespon, mudah-mudahan kondisi ini dapat segera diperbaiki minimal bisa lagi dilewati anak sekolah," terang Harun Al Rasyid.

Baca Juga: Terendam Banjir, Jalan Trans Kalimantan Poros Tengah Terancam Putus

Meski hanya bersifat sementara, namun Jembatan Gantung di Desa Tanipah yang kini berumur 15 tahun ini nantinya akan dianggarkan di tahun 2022 untuk segera dibangiun permanen.

Sehingga warga setempat tak lagi cemas jika nantinya gelombang pasang air laut kembali menerjang.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


VOD

Menanti Relokasi, Nasib Pengungsi Semeru?

Senin, 10 Januari 2022 | 07:27 WIB
VOD

Gerak Cepat Tangkal Penyebaran Corona Omicron

Senin, 10 Januari 2022 | 07:13 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
07:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19