Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ini Makanan Tinggi Folat dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Termasuk Turunkan Risiko Alzheimer

Selasa, 9 November 2021 | 19:10 WIB
ini-makanan-tinggi-folat-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan-termasuk-turunkan-risiko-alzheimer
Ilustrasi makanan kaya folat. Sebagian orang pernah mendengar tentang folat. Tapi, mungkin manfaat folat untuk menurunkan risiko penyakit alzheimer belum banyak diketahui. (Sumber: pixabay.com)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian orang pernah mendengar tentang folat. Tapi, mungkin manfaat folat untuk menurunkan risiko penyakit alzheimer belum banyak diketahui.

Vitamin B ditemukan secara alami dalam makanan, membantu dalam pembuatan DNA dan materi genetik lainnya. Ini juga penting dalam membantu sel membelah.

Asam folat, yang ditemukan dalam suplemen dan makanan adalah versi sintetis dari folat.

Sebuah studi juga menemukan bahwa ada kemungkinan hubungan antara folat dan pencegahan penyakit Alzheimer.

Hasil menunjukkan bahwa tingkat folat individu dengan Alzheimer, lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki penyakit neurodegeneratif.

Studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan apakah ada penyebab dan akibat yang sebenarnya. Tetapi dengan lebih dari 6 juta orang Amerika hidup dengan penyakit Alzheimer, penelitian ini menunjukkan bahwa mendapatkan jumlah folat harian yang direkomendasikan, yaitu 400 mcg, dapat mengurangi risiko Alzheimer.

"Kadar folat yang rendah sedikit meningkatkan risiko penyakit Alzheimer," kata ahli saraf Aaron Ritter, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

"Manfaat folat paling baik dijelaskan sebagai menurunkan peradangan di otak."

Folat diperlukan untuk menjaga kesehatan yang baik sepanjang hidup Anda. Meskipun jarang terjadi pada populasi umum, individu tertentu dapat mengalami defisiensi folat, yaitu ibu hamil, bayi, dan anak-anak.

Baca Juga: Dorce Gamalama Didiagnosis Sakit Demensia Alzheimer, Alami Sejumlah Komplikasi

Orang yang menggunakan obat-obatan seperti pengendalian kelahiran, metotreksat (obat kemoterapi) dan metformin (obat untuk membantu mengontrol gula darah pada diabetes tipe 2), juga berpotensi mengalami defisiensi folat.

Berikut manfaat folat:

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan lebih banyak folat dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Homosistein, asam amino yang dibuat ketika protein mulai rusak, dapat mengeraskan arteri sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Tapi folat menurunkan kadar homosistein.

2. Membantu perkembangan janin

Selama beberapa bulan pertama kehamilan, cacat tabung saraf (NTD) seperti spina bifida dapat terjadi. Kadar folat dan vitamin B12 yang rendah telah terbukti meningkatkan risiko NTD.

“Folat sangat penting untuk perkembangan saraf di dalam rahim dengan menutup tabung saraf dan membantu otak, tengkorak, dan sumsum tulang belakang bayi Anda berkembang,” kata Dr. Ritter.

“Pada tingkat dasar, folat adalah salah satu vitamin terpenting untuk membantu menumbuhkan sistem saraf.”

Jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, penting untuk mengonsumsi vitamin prenatal yang mencakup asam folat.

3. Mengurangi risiko degenerasi makula

Penyebab degenerasi makula terkait usia (AMD), gangguan mata yang memengaruhi penglihatan sentral Anda, tidak sepenuhnya dipahami.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x