Kompas TV entertainment selebriti

Dorce Gamalama Didiagnosis Sakit Demensia Alzheimer, Alami Sejumlah Komplikasi

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 12:33 WIB
dorce-gamalama-didiagnosis-sakit-demensia-alzheimer-alami-sejumlah-komplikasi
Penyanyi dan aktris Indonesia, Dorce Gamalama alami demensia alzheimer. (Sumber: Instagram/dorcegamalama)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kondisi kesehatan presenter kondang Dorce Gamalama tengah menjadi sorotan. Baru-baru ini, Dorce didiagnosis mengidap demensia alzheimer.

Hal ini diungkapkan oleh kerabat dekatnya, Hetty Sunjaya yang menceritakan bahwa perempuan 58 tahun ini mengalami drop sehingga kembali dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina.

“Mbak Dorce masuk kembali ke rumah sakit itu kemarin tanggal 24, dikarenakan kondisinya drop,” kata Hetty, dikutip dari Antara, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Dibantu Erick Thohir, Dorce Gamalama Tak Jadi Jual Rumah untuk Biaya Pengobatan

Hetty mengungkapkan bahwa perempuan yang akrab disapa Bunda Dorce ini sudah mengidap diabetes sejak lama.

“Tadi kami juga dari rumah sakit, kata tim dokter yang menangani, Bunda Dorce diprediksi awalnya mengidap diabetes yang sudah cukup lama, minimal delapan tahun lah, bisa lebih kata dia,” jelasnya.

Dorce Gamalama mengalami komplikasi dari penyakit diabetesnya yang sudah menyebar hingga ke organ vitalnya, termasuk ginjal, jantung, hingga saraf.

“Dari gula itulah menyebar ke organ lain, termasuk ginjal, ginjalnya sudah kena, jantungnya, sarafnya,” tambah Hetty.

Penyakit diabetes yang menggerogoti tubuh Dorce hingga terkena saraf rupanya menjadi penyebab demensia alzheimer, menurut diagnosis dokter.

“Kena sarafnya, nama penyakitnya demensia alzheimer,” tuturnya.

Baca Juga: Dijenguk Ruben Onsu, Kondisi Dorce Gamalama Jadi Sorotan

Untuk diketahui, demensia alzheimer adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gejala yang terjadi pada otak dipengaruhi oleh penyakit atau kondisi tertentu.

Alzheimer sendiri merupakan penyebab paling umum dari demensia, di mana zat kima dan struktur otak berubah sehingga sel-sel di otak mati.

Akibatnya, penderita alzheimer mengalami kehilangan memori, perubahan suasana hati, masalah komunikasi, hingga penalaran.

Kondisi Dorce nampak cukup serius, padahal presenter kondang ini sempat pulang ke rumah setelah diizinkan dokter, 14 Oktober 2021 lalu.

Alasan Dorce menjalani rawat jalan di rumah lantaran dia tidak ‘kerasan’ berada di rumah sakit. Kendati demikian, dokter kala itu terus memantau perkembangan Dorce hingga stabil.

Alih-alih stabil, Dorce Gamalama malah mengalami drop hingga kembali dilarikan ke rumah sakit.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x