Kompas TV olahraga kompas sport

50 Timnas Sepak Bola Kena Hukuman, FIFA: Aksi Suporter Jadi Salah Satu Alasannya

Kompas.tv - 3 November 2021, 04:15 WIB
50-timnas-sepak-bola-kena-hukuman-fifa-aksi-suporter-jadi-salah-satu-alasannya
Ilustrasi aksi suporter yang memicu kericuhan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Perilaku suporter yang demikian perlu menjadi perhatian sebuah tim sepak bola karena dapat berbuah hukuman dari FIFA. Pelemparan bom asap mewarnai kekalahan telak AS Roma dari Fiorentina di leg kedua babak 16 besar Europa League, Kamis atau Jumat (20/3/2015). (Sumber: AFP/Alberto Pizzoli)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

SWISS, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), melalui komisi disiplinnya, mengeluarkan hukuman bagi 50 tim nasional (timnas) di seluruh dunia.

Hukuman tersebut disinyalir sebagai buntut dari beberapa bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh para suporter sejumlah timnas saat laga internasional.

Salah satu timnas sepak bola yang mendapatkan sanksi dari FIFA adalah Hungaria, karena suporternya menunjukan sikap rasialis dalam sebuah pertandingan.

Contohnya, saat laga kandang melawan Inggris, salah satu fans Hungaria kedapatan melontarkan ejekan rasialis kepada salah satu pemain Three Lions, Raheem Sterling

Baca Juga: PSSI Tunggu Kepastian FIFA dan AFC soal Timnas U-23 Indonesia Tak Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih

Akibatnya, usai pertandingan yang berhasil dimenangi Inggris dengan skor 0-4 tersebut, Hungaria harus rela menerima serentetan hukuman dari Komisi Disiplin FIFA.

Hungaria mesti menggelar dua laga kandang tanpa penonton, satu laga ditunda, dan laga tandang yang tak boleh dihadiri oleh para pendukung dari negaranya.

"Timnas Hungaria juga kami denda (uang) hingga 266.000 euro (sekitar Rp4,788 miliar)," tulis Komisi Disiplin FIFA dalam pernyataan resminya, Senin (1/11/2021).

Selain Hungaria, FIFA juga memberi hukuman kepada laga Inggris melawan Pandora karena panitia dinilai gagal menghentikan suporter yang menyalakan bom asap.

Baca Juga: FIFA Klaim Fans Mendukung Penyelenggaraan Piala Dunia Dua Tahun Sekali



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x