Kompas TV olahraga kompas sport

FIFA Klaim Fans Mendukung Penyelenggaraan Piala Dunia Dua Tahun Sekali

Kompas.tv - 17 September 2021, 03:48 WIB
fifa-klaim-fans-mendukung-penyelenggaraan-piala-dunia-dua-tahun-sekali
Logo FIFA (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fédération Internationale de Football Association atau Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengklaim mereka mendapat dukungan dari fans untuk menyelenggarakan Piala Dunia dua tahun sekali. 

Klaim FIFA tersebut berdasarkan survei yang mereka lakukan sendiri meski mayoritas anggota dari berbagai federasi menolak gelaran Piala Dunia dua tahunan. 

Dalam beberapa bulan belakangan, FIFA melalui Arsene Wenger telah mengembangkan gagasan untuk memperpendek jarak penyelenggaraan Piala Dunia dari empat tahun menjadi dua tahun. 

Rencana tersebut kemudian banyak mendapat penolakan salah satunya dari UEFA yang membuka kemungkinan memboikot Piala Dunia jika tetap digelar dua tahun sekali. 

55 federasi anggota UEFA bahkan menggelar pertemuan rutin untuk membahas proposal FIFA terkait Piala Dunia dua tahunan. 

Presiden UEFA Aleksander Ceferin juga menulis surat khusus kepada Presiden FIFA Gianni Infantino untuk melakukan pertemuan khusus. 

Baca Juga: Klub-Klub Inggris Tegas Tolak Rencana Piala Dunia 2 Tahun Sekali

Meski mendapat banyak penolakan, FIFA mengatakan bahwa gagasan tersebut mendapat banyak dukungan dari fans dari global, terutama kalangan muda di luar Eropa. 

"Sebuah survei telah memberikan umpan balik sebagai bagian dari studi kelayakan mengenai frekuensi Piala Dunia FIFA putra," kata FIFA dalam sebuah pernyataan dikutip dari Sky Sports News. 

“Temuan survei online yang dilakukan pada Juli 2021 ini akan digunakan sebagai bagian dari proses konsultasi yang lebih luas yang melibatkan penggemar, yang akan berlangsung dalam beberapa fase."

"Lima belas ribu responden diidentifikasi menyatakan minat pada sepak bola dan Piala Dunia FIFA, dari survei riset pasar yang lebih luas yang melibatkan 23.000 orang di 23 negara, di enam konfederasi, ditugaskan melalui IRIS dan YouGov, pakar industri independen."



Sumber : Kompas TV/Sky Sports News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.