Kompas TV nasional berita utama

SBY Sakit Kanker Prostat, Setneg Sampaikan Doa Kesembuhan

Kompas.tv - 2 November 2021, 13:49 WIB
sby-sakit-kanker-prostat-setneg-sampaikan-doa-kesembuhan
SBY foto bersama lukisan hasil coretannya di atas kanvas. (Sumber: Twitter: @herzaky_mp)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Sekretariat Negara sampaikan doa untuk kesembuhan Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengalami kanker prostat stadium awal.

Keterangan itu disampaikan oleh Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

“Kami menyampaikan doa untuk kesembuhan Presiden SBY, syafakallah. Semoga Allah selalu menyertai Beliau dengan kebahagiaan dan keberkahan,” kata Faldo Maldini.

Faldo membenarkan SBY akan mendapatkan pendampingan dari tim dokter kepresidenan untuk penyakit yang dideritanya.

“Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, semuanya sudah diatur, baik itu Presiden maupun mantan presiden beserta keluarganya,” ujar Faldo.

“Dalam Peraturan Presiden nomor 36 Tahun 2014 tentang Dokter Kepresidenan juga disampaikan hak-hak mantan Presiden. Jadi, masalah ini memang sudah diamanahkan.”

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat, Jokowi Kirim Tim Dokter Kepresidenan

Bahkan, lanjut Faldo, dalam aturan mengenai dokter kepresidenan diperbolehkan untuk membentuk tim yang menangani masalah-masalah spesifik kesehatan kepala negara dan mantan kepala negara.

“Masalah seintensif apa penangan dan sespesifik apa penyakitnya, dokter yang lebih berwenang menjelaskan,” ucapnya.

“Sejauh ini, komunikasi dokter kepresidenan dan pihak dokter di negara tujuan tempat berobat.”

Seperti diberitakan, Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengalami kanker prostat (prostate cancer). Dalam waktu dekat, SBY akan menjalankan medical check-up dan treatment di luar negeri.

“Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri,” ungkap Staf Pribadi Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan.

“Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer).”

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat Stadium Awal, Dokter: Semua Opsi Terbuka untuk Pengobatan dan Penyembuhan

Ossy menuturkan berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain.

Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” kata Ossy.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x