Kompas TV nasional berita utama

SBY Kena Kanker Prostat Stadium Awal, Dokter: Semua Opsi Terbuka untuk Pengobatan dan Penyembuhan

Kompas.tv - 2 November 2021, 12:13 WIB
sby-kena-kanker-prostat-stadium-awal-dokter-semua-opsi-terbuka-untuk-pengobatan-dan-penyembuhan
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengalami kanker prostat dan akan segera berobat ke luar negeri. (Sumber: Instagram/@sb.yudhoyono)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengalami kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang menangani SBY menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan

Keterangan itu disampaikan Ossy Dermawan, Staf Pribadi Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal,” ungkap Ossy.

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY.”

SBY, kata Ossy, juga melakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior.

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat, Jokowi Kirim Tim Dokter Kepresidenan

“Diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” ujar Ossy.

Ossy menuturkan komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY.

“Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” jelas Ossy.

Di samping itu, Ossy mengungkapkan SBY juga sudah memberikan kabar kesehatannya dan rencananya untuk berobat ke luar negeri kepada Bapak Presiden Jokowi.

“Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,” kata Ossy.

Baca Juga: Sakit Kanker Prostat, SBY Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Luar Negeri

Saat ini, lanjut Ossy, SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bolavoli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain.

“Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,” ujar Ossy.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x