Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Usai Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22, Simak Cara Pilih dan Beli Pelatihan

Selasa, 2 November 2021 | 10:56 WIB
usai-lolos-seleksi-kartu-prakerja-gelombang-22-simak-cara-pilih-dan-beli-pelatihan
Ilustrasi kartu prakerja. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kartu Prakerja adalah program pemerintah dalam pengembangan kompetensi kerja. Bukan hanya ditujukan kepada para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi juga bisa ikut program ini.

Saat ini, Kartu Prakerja telah masuk pada Gelombang 22 dan telah diumumkan hasil seleksinya pada Senin, (1/11/2021) lewat salah satunya pada akun Instagram @Prakerj.go.id.

Para peserta yang lolos, kemudian wajib mengikuti pelatihan yang sudah disyaratkan oleh pemerintah. Nah, berikut cara mengikuti pelatihan Kartu Prakerja yang dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id:

  1. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja
  2.  Pastikan dana pelatihan sudah tersedia
  3. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar, Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia
  4. Pilih pelatihan susai apa yang dibutuhkan
  5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS penguman. Jika lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Baca Juga: Ini Solusi jika Kesulitan Sambungkan E-Wallet dengan Akun PraKerja

DI samping itu, para penerima Kartu Prakerja bisa memilih jenis pelatihan apa yang dibutuhkan, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai usaha. Berikut beberapa pilihan pelatihan yang tersedia sesuai yang ingin diikuti:

  • Cara berjualan secara online
  • Menjadi fotografer
  • Menguasai aplikasi komputer
  • Kursus berbagai bahasa
  • Keterampilan perawatan kecantikan
  • Menjadi pelatih kebugaran
  • Cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dll.

Kemudian, cara membeli atau membayar pelatihan yang diinginkan dapat melalui beberapa paltform digital yang sudah menjalin kerjasama, seperti Tokopedia, Mau Belajar, Bukalapak, Pintaria, Karier.mu, Kemnaker, dan Pijar.

Dikutip dari prakerja.go.id, secara umum cara membeli pelatihan di Bukalapak dan Tokopedia seperti di bawah ini:

  •  Bukalapak

1. Buka aplikasi Bukalapak, lalu ketik "Prakerja" di tab pencarian

2. Pilih jenis kursus sesuai dengan minat dan bakat

3. Cek detail kurikulum kursus dan ulasan

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19