Kompas TV nasional peristiwa

Bakal Jalani Seleksi Khusus ASN Polri, Eks Pegawai KPK: Belum Tahu, Kalau TWK Kami Sudah Lulus

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 21:49 WIB
bakal-jalani-seleksi-khusus-asn-polri-eks-pegawai-kpk-belum-tahu-kalau-twk-kami-sudah-lulus
Sebanyak 57 pegawai KPK yang tidak lolos TWK harus menjalani seleksi khusus untuk dapat menjadi ASN Polri. (Sumber: Kompas TV&Ant/Benardy Ferdiansyah)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan pegawai KPK mengaku belum mengetahui bentuk seleksi khusus yang akan mereka jalani untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri sesuai pernyataan Menpan RB Tjahjo Kumolo.

“Terlalu dini untuk menanggapinya. Kami akan bersikap dan menanggapinya setelah keseluruhan mekanisme dan prosedur ditetapkan dalam peraturan yang berlaku,” ujar Mantan Kasatgas Diklat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Hotman Tambunan pada KOMPAS TV, Sabtu (30/10/2021).

Meski begitu, Hotman menyoroti bahwa seleksi khusus itu akan diselenggarakan oleh internal kepolisian sendiri.

Baca Juga: Sama Seperti TWK? Tjahjo Kumolo Minta Kapolri Listyo Adakan Seleksi Khusus bagi Mantan Pegawai KPK

“Menariknya, tes dilakukan oleh kepolisian. Kami belum tahu tesnya berbentuk apa. Kalau tesnya berupa kompetensi, itu hal biasa,” kata Hotman.

Akan tetapi, ia menilai 57 mantan pegawai KPK tak perlu menjalani tes wawasan kebangsaan (TWK) lagi.

“Kalau tesnya berupa tes wawasan kebangsaan, kami merasa sudah lulus sebagaimana dilakukan pada Maret lalu,” tegas Hotman.

Menurut Hotman, dirinya dan 56 mantan pegawai KPK lainnya tak lulus TWK karena pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan administrasi.

“Kami tidak lulus karena dalam prosesnya terjadi pelanggaran HAM dan administrasi, seperti direkomendasikan Ombudsman dan Komnas HAM,” jelas Hotman.

“Pada prinsipnya, kami 57 orang pasti taat memenuhi segala peraturan yang berlaku, dalam rangka menjadi ASN di Kepolisian Republik Indonesia,” imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x