Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Nadiem di Hari Sumpah Pemuda: Kita Harus Melompat, Mengejar Ketertinggalan Saja Tidak Cukup

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 13:22 WIB
pesan-nadiem-di-hari-sumpah-pemuda-kita-harus-melompat-mengejar-ketertinggalan-saja-tidak-cukup
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim sebut peringatan Sumpah Pemuda harus jadi momentum kemenangan bagi seluruh generasi muda. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan pesan kepada seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya bagi para generasi muda.

 

Pesan tersebut disampaikan Nadiem dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021, Kamis (28/10/2021). 

Dalam upcara itu, Nadiem mengungkapkan peringatan Sumpah Pemuda harus jadi momentum kemenangan bagi seluruh generasi muda.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah hari kemenangan kita semua, hari di mana kita para generasi muda Indonesia melompat bersama,” kata Nadiem seperti yang disiarkan kanal YouTube Kemendikbudristek RI, Kamis. 

Lebih lanjut, Nadiem yang terlihat mengenakan baju adat Melayu dalam upacara tersebut mengatakan saat ini merupakan saatnya bagi para generasi muda untuk maju. 

Sebab itu, dia kemudian mengajak generasi muda untuk bangkit dan tumbuh bersama demi Indonesia maju. Nadiem menambahkan bahwa mengejar ketertinggalan saja tidak cukup.

"Para generasi muda yang saya banggakan, kita harus melompat sekarang karena mengejar ketertinggalan saja tidak cukup. Setelah melewati masa yang penuh tantangan dan keterbatasan, inilah waktunya kita bersatu, bangkit, dan tumbuh," ujarnya menegaskan. 

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Jokowi: Persatuan Modal Indonesia Hadapi Tantangan

Nadiem mengaku selalu yakin Indonesia di tangan para pemuda adalah Indonesia yang menjadi tokoh bagi negara-negara lain.

Indonesia yang dibangun para pemuda, lanjut dia, adalah yang memerdekakan generasi penerus untuk belajar, untuk berinovasi, dan berbudaya.

"Untuk itu pemuda pemudi di seluruh Indonesia harus ikut dalam perjuangan meraih kemerdekaan," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, dia juga menekankan bahwa perbedaan bukanlah halangan, tetapi kekuatan yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia.

"Keberagaman bukan alasan untuk mundur, tapi alasan kita untuk bergerak serentak," ujar Nadiem.

"Mari kita terus bersatu, terus maju untuk Indonesia tangguh. Mari kita terus bersemangat dan bergerak serentak mewujudkan Merdeka belajar untuk semua pemuda pemudi di seluruh Indonesia," tandasnya. 

Baca Juga: Ucapan Lantang Puan, Jokowi, hingga Sandiaga pada Peringatan Sumpah Pemuda, Ini Katanya
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x