Kompas TV video sinau

Bagaimana jika Mata Kita tidak Berkedip?

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 20:05 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Pada era digital ini, beberapa orang mungkin banyak menghabiskan waktu menatap layar ponsel atau komputer. Sudah pasti, membuat mata terasa lelah. Untuk sedikit meringankan kerja berat sepasang mata kita. Mata akan berkedip, untuk meratakan air mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata.

Mata manusia berkedip beberapa detik sekali. Apalagi, saat terpapar sinar ponsel atau komputer. Diperkirakan, setiap harinya mata manusia berkedip lebih dari 21 ribu kali. Mata manusia berkedip untuk menjaga mata tetap lembap. Dan membersihkan dari kotoran. Selain itu, berkedip juga membuat otak beristirahat sejenak.

Melansir Kompas.com, jika mata manusia tidak berkedip beberapa waktu, kornea mata bisa membengkak Karena, kornea mata tidak punya pembuluh darah. Sehingga membutuhkan oksigen, dari lapisan mata, yang cuma bisa didapat ketika berkedip.

Selain itu, mata juga bisa mengering karena lapisan air mata tidak diisi ulang. Padahal lapisan air ini hanya diperoleh ketika berkedip. Akibat kurangnya lapisan air mata, penglihatan menjadi kabur dan menyebabkan sakit mata.  Akibat paling fatal dari mata tidak berkedip adalah, hilangnya penglihatan untuk waktu yang lama. Pastikan untuk sering berkedip, terutama ketika membaca atau di depan komputer.

Baca Juga: Kacamata Berlensa Zamrud Bertatahkan Berlian Era Dinasti Mughal India akan Dilelang di Inggris

https://www.kompas.tv/article/225346/kacamata-berlensa-zamrud-bertatahkan-berlian-era-dinasti-mughal-india-akan-dilelang-di-inggris 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x