Kompas TV internasional kompas dunia

Kacamata Berlensa Zamrud Bertatahkan Berlian Era Dinasti Mughal India akan Dilelang di Inggris

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:18 WIB
kacamata-berlensa-zamrud-bertatahkan-berlian-era-dinasti-mughal-india-akan-dilelang-di-inggris
Dua pasang kacamata era Dinasti Mughal berhiaskan berlian dan lensa zamrud akan dilelang dan diperkirakan masing-masing terjual hingga USD3,5 juta. Yang bernama Gate of Paradise, atau Gerbang ke Surga, menampilkan lensa zamrud dalam bingkai yang dipenuhi berlian. (Sumber: Sotheby Auction)

LONDON, KOMPAS.TV - Dua pasang kacamata era Dinasti Mughal berhiaskan berlian dan lensa zamrud akan dilelang oleh balai lelang Sotheby's di London pada Rabu (27/10/2021) mendatang. Diperkirakan masing-masing terjual hingga USD3,5 juta.

Kacamata itu dipesan oleh pangeran abad ke-17 yang tidak dikenal, kata rumah lelang Sotheby's, dengan lensa terbuat dari zamrud yang diyakini dapat meningkatkan pencerahan spiritual.

Kacamata pertama bernama Gate of Paradise, atau Gerbang ke Surga, menampilkan lensa zamrud yang dipasang dalam bingkai yang dipenuhi berlian dan dilelang dengan nomor lot 213.

Kacamata kedua bernama Halo of Light, atau Pancaran Cahaya, memiliki lensa yang terbuat dari berlian dalam bingkai penuh bertatahkan berlian dan dilelang dengan nomor lot 214.

Lensa berlian dan zamrud itu dilaporkan berasal dari abad 17 sementara bingkai kacamatanya berasal dari abad 19.

Baca Juga: Sebelas Lukisan Karya Maestro Pablo Picasso Terlelang Senilai Rp1,4 Triliun di Las Vegas

Dua pasang kacamata era Dinasti Mughal berhiaskan berlian dan lensa zamrud akan dilelang dan diperkirakan masing-masing terjual hingga USD3,5 juta. Yang bernama Gate of Paradise, atau Gerbang ke Surga, menampilkan lensa zamrud dalam bingkai yang dipenuhi berlian. (Sumber: Sotheby Auction)

"Ada begitu banyak cerita di balik adikarya ini. Zamrud untuk lensanya jauh-jauh dari Kolombia pada abad ke-17 melalui kapal dagang Portugis ke Kekaisaran Mughal di India, karena orang Mughal sangat menyukai batu permata," kata Alexandra Roy, spesialis seni dunia Islam di Sotheby's, kepada Reuters seperti dilansir Straits Times, Senin (25/10/2021).

"Berliannya berasal dari tambang Golconda (di India) dan dari istana Mughal, dibelah dari batu yang awalnya memiliki berat dua hingga tiga ratus karat... Mereka dibuat ulang dengan gaya seperti adikarya abad ke-19 ini."

Kedua kacamata itu sedang ditawarkan di balai lelang Sotheby's Arts of the Islamic World dengan perkiraan harga awal 1,5 juta hingga 2,5 juta poundsterling.

Baca Juga: Pistol Pembunuh Perampok Legendaris Billy The Kid Terjual Rp86 Miliar, Cetak Rekor Dunia Pelelangan

Dua pasang kacamata era Dinasti Mughal berhiaskan berlian dan lensa zamrud akan dilelang dan diperkirakan masing-masing terjual hingga USD3,5 juta. Yang kedua bernama Halo of Light, atau Pancaran Cahaya, memiliki lensa yang terbuat dari berlian dalam bingkai penuh bertatahkan berlian. (Sumber: Sotheby Auction)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19