Kompas TV video sinau

Sebenarnya Berapa Jumlah Pasti Kaki dari Kaki seribu?

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 19:19 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Beberapa orang mungkin sering menemui hewan ini. Entah ketika di hutan, kebun, atau tidak sengaja masuk ke dalam rumah. Luing, atau kaki seribu masuk dalam filum. Arthropoda dan subfilum Myriapoda (hewan berkaki banyak). Tapi apakah benar hewan ini memiliki jumlah kaki sampai seribu?

Melansir Kompas.com, spesies umum kaki seribu memiliki jumlah kaki sekitar 40 sampai 400 kaki. Jumlah kaki yang banyak ini, memungkinkan untuk kaki seribu bergerak cepat masuk ke dalam tanah. Millipede atau kaki seribu mempunyai dua pasang kaki yang terletak pada setiap segmen atau ruas tubuhnya.

Jika memang harus sebanyak seribu kaki, setidaknya hewan ini harus punya 500 pasang kaki. Namun lain faktanya, hewan ini hanya memiliki 20 hingga 200 pasang kaki. Dan  jumlah kakinya juga tergantung dari spesiesnya.

Hal uniknya adalah, jumlah kaki akan terus bertambah seiring pertumbuhan hewan ini. Kaki seribu , saat lahir hanya memiliki tiga pasang kaki. Tapi, setiap proses ganti kulit jumlah kakinya terus bertambah.

kenapa kaki seribu memiliki banyak kaki? Mengutip Kompas.com, kaki seribu mengalami proses pelepasan eksoskleton, dan mampu menumbuhkan yang baru. Proses ini disebut molting.

Setiap proses ini terjadi, akan menumbuhkan ruas tubuh dan kaki yang baru. Proses ini terus berulang, sampai kaki seribu berusia dewasa. Namun tidak banyak pula yang mengalami proses ini hanya sekitar dua tahun.

Baca Juga: Ini Penyebab Seseorang Berduka saat Kehilangan Hewan Piaraan

https://www.kompas.tv/article/222265/ini-penyebab-seseorang-berduka-saat-kehilangan-hewan-piaraan 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x