Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ini Penyebab Seseorang Berduka saat Kehilangan Hewan Piaraan

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 17:08 WIB
ini-penyebab-seseorang-berduka-saat-kehilangan-hewan-piaraan
Ilustrasi. Psikolog kesehatan klinis Amy Sullivan, PsyD, menyebut bahwa binatang piaraan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian orang memiliki hewan piaraan di rumah. Alasan memelihara binatang pun cukup beragam.

Melansir Cleveland Clinic, psikolog kesehatan klinis Amy Sullivan, PsyD, menyebut bahwa binatang piaraan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Sering kali kita mengadopsi hewan peliharaan karena kita berjuang sendiri, dan kita membutuhkan persahabatan itu. Selama pandemi, atau selama masa-masa sulit lainnya dalam hidup Anda, Anda sering mendengar, 'Hewan peliharaan ini membuat saya melewati bagian hidup yang begitu sulit.' Hubungan emosional dengan hewan peliharaan Anda sangat penting,” papar Dr. Sullivan.

Ada kalanya kita harus kehilangan binatang piaraan kesayangan, entah karena mati atau hilang. Kehilangan hewan piaraan bisa sangat menghancurkan emosional seseorang.

“Hewan kami menjadi bagian dari keluarga kami,” kata Dr. Sullivan.

“Mereka memberikan cinta dan dukungan tanpa syarat, yang merupakan sesuatu yang tidak didapatkan orang dari banyak tempat berbeda.”

Sebagai contoh, dia menyebutkan betapa seringnya hewan peliharaan senang melihat tuannya kembali ke rumah setelah pergi.

"Tidak masalah jika Anda pergi selama dua jam atau dua hari, cara mereka menyapa Anda sangat indah," kata Dr. Sullivan. "Sepertinya kamu adalah dunia mereka."

Kehilangan cinta tanpa syarat ini dapat dimengerti sangat sulit. “Sebagai manusia, kita perlu merasakan cinta dan hubungan itu dan mengetahui bahwa ada sesuatu yang memandang Anda dengan cara yang istimewa,” tambahnya.

“Itulah mengapa menjadi sangat menyakitkan ketika kita kehilangan hewan kita.”

Apakah berduka atas hewan peliharaan yang hilang berbeda dengan berduka karena kehilangan manusia?

Baca Juga: Puluhan Warga Padati Gereja di Lima untuk Ikuti Pemberkatan Hewan Peliharaan

Sullivan menekankan bahwa kesedihan karena kematian bukanlah "satu ukuran untuk semua". Dengan kata lain, tidak mungkin untuk membandingkan antara reaksi terhadap kehilangan hewan peliharaan yang disayangi dan kehilangan orang yang dicintai.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x