Kompas TV regional sosial

Belajar Sejarah dan Budaya Jawa Lewat Permainan Papan Lingkar Bregada

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 14:29 WIB
belajar-sejarah-dan-budaya-jawa-lewat-permainan-papan-lingkar-bregada
Belajar dan mengenal budaya Jawa kian mengasyikkan dengan permainan buatan sekelompok mahasiswa UGM (Sumber: dok. humas UGM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Belajar dan mengenal budaya Jawa kian mengasyikkan dengan permainan buatan sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).

Permainan edukatif yang diberi nama Lingkar Bregada ini digagas oleh Fitriana Aulia SEP (FKKMK), Andreas Ryan Cahyo K, Arlen Pramudya A, dan Wahyu Setyaningsih (Fakultas Teknik), serta RR Natasya Nurputri A (Fakultas Hukum).

Menurut Fitriana, ide membuat permainan edukatif ini berawal dari kegelisahan melihat minimnya metode pembelajaran bahasa Jawa di bangku sekolah. Akhirnya, tercipta lah ide membuat permainan edukatif yang menyerupai papan permainan monopoli.

Permainan menggunakan 10 bidak bregada dalam satu set permainan.

Baca Juga: Speaker Bluetooth Multifungsi dari Limbah Plastik Bikinan Mahasiswa UGM

“Untuk memainkannya hanya dapat dilakukan hingga empat orang pemain,” ujar Fitriana, Senin (25/10/2021). 

Langkah pertama untuk bermain adalah dengan menyelesaikan kartu misi terlebih dahulu. Kartu misi digunakan sebagai kartu pembuka yang berisi sebuah cerita. 

Dalam permainan ini, mahasiswa UGM mengangkat tema sejarah Tanah Mangir yang mengisahkan perseteruan Panembahan Senopati, Pembayun, maupun Ki Ageng Mangir.

Permainan edukasi bahasa Jawa permainan monopoli tersebut mereka menambahkan tulisan aksara Jawa di bagian depan kartu disertai dengan pertanyaan bermuatan kurikulum lokal bahasa Jawa. Permainan ini juga dilengkapi kotak kecil yang berisi kunci jawaban yang berada di balik lembar pertanyaan.

“Jadi, pemain tidak dapat langsung mengetahui kunci jawaban dari pertanyaan di atasnya,” kata Andreas.

Menariknya, bagian belakang kartu tersebut juga memuat terjemahan dalam tiga bahasa, yakni bahasa Jawa dalam alfabet, bahasa Indonesia, dan juga bahasa Inggris. 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bikin Program Pemantauan Gigi Siswa via Aplikasi LINE

Mahasiswa UGM ini berharap permainan edukatif bahasa Jawa ini bisa berkembang melalui diversifikasi produk yang mengangkat kebudayaan di nusantara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x