Kompas TV regional sosial

Speaker Bluetooth Multifungsi dari Limbah Plastik Bikinan Mahasiswa UGM

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 14:12 WIB
speaker-bluetooth-multifungsi-dari-limbah-plastik-bikinan-mahasiswa-ugm
Limbah plastik disulap mahasiswa UGM menjadi speaker bluetooth multifungsi dilengkapi dengan fitur powerbank. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berinovasi. Kali ini, limbah plastik disulap menjadi speaker bluetooth multifungsi dilengkapi dengan fitur powerbank.

Hafifah Putri Varadhias (Manajemen), Amuirul Fauzan Ibrahim (Teknik Mesin), Rifki Kurniawan (Matematika), Mukhsin Al Fikri Lubis (Teknik Elektro), Syafaat Mahrus Ali (Teknik Elektro) mengembangkan speaker bluetooth multifungsi melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Produk ini bernama Saura yang diambil dari bahasa Sansekerta berarti suara yang indah. Konsepnya, multifungsi, unik, terjangkau, praktis, serta ramah lingkungan.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bikin Program Pemantauan Gigi Siswa via Aplikasi LINE

“Disebut multifungsi karena menggabungkan dua fitur yakni speaker bluetooth dan bank daya atau powerbank,” ujar Hafifah, ketua tim pengembang Saura, dalam siaran pers, Rabu (13/10/2021).

Saura memiliki corak unik seperti marble yang tidak bisa dihasilkan manual menggunakan bahan dasar kayu murni atau plastik cetak biasa.  Produk ini dibuat dari olahan daur ulang plastik jenis HDPE dengan compressive strength kelas IV atau setara dengan kayu sengon (285 kilogram per sentimeter kubik) dan tensile strength yang setara dengan kayu jati.

Sementara, fitur tambahan powerbank memiliki kapasitas 7500mAh yang bisa bertahan hingga 12 jam.

Baca Juga: Alat Deteksi Glaukoma Berbasis Kecerdasan Buatan ala Mahasiswa UGM

“Kehadiran bluetooth speaker berbahan limbah ini diharapkan dapat berdampak sosial seperti meningkatkan pilihan bagi konsumen atas produk yang unik dan ramah lingkungan serta membantu mengurai persoalan sampah plastik di masyarakat,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x