Kompas TV regional sosial

Speaker Bluetooth Multifungsi dari Limbah Plastik Bikinan Mahasiswa UGM

Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:12 WIB
speaker-bluetooth-multifungsi-dari-limbah-plastik-bikinan-mahasiswa-ugm
Limbah plastik disulap mahasiswa UGM menjadi speaker bluetooth multifungsi dilengkapi dengan fitur powerbank. (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berinovasi. Kali ini, limbah plastik disulap menjadi speaker bluetooth multifungsi dilengkapi dengan fitur powerbank.

Hafifah Putri Varadhias (Manajemen), Amuirul Fauzan Ibrahim (Teknik Mesin), Rifki Kurniawan (Matematika), Mukhsin Al Fikri Lubis (Teknik Elektro), Syafaat Mahrus Ali (Teknik Elektro) mengembangkan speaker bluetooth multifungsi melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Produk ini bernama Saura yang diambil dari bahasa Sansekerta berarti suara yang indah. Konsepnya, multifungsi, unik, terjangkau, praktis, serta ramah lingkungan.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bikin Program Pemantauan Gigi Siswa via Aplikasi LINE

“Disebut multifungsi karena menggabungkan dua fitur yakni speaker bluetooth dan bank daya atau powerbank,” ujar Hafifah, ketua tim pengembang Saura, dalam siaran pers, Rabu (13/10/2021).

Saura memiliki corak unik seperti marble yang tidak bisa dihasilkan manual menggunakan bahan dasar kayu murni atau plastik cetak biasa.  Produk ini dibuat dari olahan daur ulang plastik jenis HDPE dengan compressive strength kelas IV atau setara dengan kayu sengon (285 kilogram per sentimeter kubik) dan tensile strength yang setara dengan kayu jati.

Sementara, fitur tambahan powerbank memiliki kapasitas 7500mAh yang bisa bertahan hingga 12 jam.

Baca Juga: Alat Deteksi Glaukoma Berbasis Kecerdasan Buatan ala Mahasiswa UGM

“Kehadiran bluetooth speaker berbahan limbah ini diharapkan dapat berdampak sosial seperti meningkatkan pilihan bagi konsumen atas produk yang unik dan ramah lingkungan serta membantu mengurai persoalan sampah plastik di masyarakat,” ucapnya.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19