Kompas TV nasional gaya hidup

Kopi Arabika Asal Jambi dan Aceh Juarai Kontes Kopi Spesialti Indonesia

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:35 WIB
kopi-arabika-asal-jambi-dan-aceh-juarai-kontes-kopi-spesialti-indonesia
Ilustrasi kopi Robusta. Tiga olahan biji kopi asal Semarang, Jambi dan Aceh meraih juara pertama dalam tiga kategori Kontes Kopi Spesialti Indonesia tahun ini. (Sumber: Unsplash)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua jenis kopi asal Sumatera menjadi juara di Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) 2021. Kedua kopi dengan jenis arabika itu tepatnya berasal dari Aceh dan Jambi.

Kopi asal Aceh dari Ulunowih Gayo Cofee meraih juara pertama jenis Arabica Natural. Biji kopi olahan Sabardi dari Bandar Bener Meriah Aceh meraih penilaian 89,25 poin.

Sementara, biji kopi olahan Yanto asal Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi meraih juara pertama kategori Arabica Washed dengan poin penilaian 89,83.

Baca Juga: Pelajar Main Tebak-Tebakan dengan Presiden Jokowi: “Kopi Apa yang Bisa Buat Kita Bahagia?”

Selain kedua kopi arabika, ada pula pemenang kategori Robusta olahan Martina Rinasih, warga Jambu, Semarang, Jawa Tengah dengan penilaian 88,63 poin.

Ketua panitia Kontes Kopi Spesialti Indonesia XIII Pranoto Soenarto mengatakan, acara ini adalah bagian dari upaya mendorong gairah para petani kopi.

"KKSI bertujuan untuk mendorong gairah para petani (produsen kopi) menghasilkan kopi-kopi yang berkualitas lebih baik sehingga harga kopi dapat terdorong meningkat," ujar Pranoto Soenarto pada Sabtu (23/10/2021), dikutip dari Antara.

KKSI pertama dihelat pada tahun 2008 oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) bersama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI).

KKSI kali ini adalah rangkaian ke-13 dan diselenggarakan secara hybrid antara luring dengan virtual akibat pandemi Covid-19. 

Kontes kopi spesialti tahun ini menarik hingga 482 peserta. Sejumlah penikmat dan pencicip rasa kopi terbaik ikut terlibat sebagai dewan juri, seperti Yusianto, Cahya Ismayadi, Dwi Nugroho dari Puslit Kopi dan Kakao Jember.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Antara



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Akhirnya UMK Jabar Ditetapkan

Kamis, 2 Desember 2021 | 20:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19